Seorang desainer yang kreatif pasti akan menyukai alternatif software gratis ini hehehe

Nama Adobe mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Adobe adalah perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang animasi, grafis, video dan pengembangan web terbesar di dunia. Adobe telah menjadi nomer satu dalam hal perangkat lunak.

Adobe memiliki banyak pesaing perusahaan industri kreatif yang harus dihadapinya.

Penawaran adobe untuk software desain seperti photoshop CC, Illustrator CC, InDesign CC dan lainnya bisa dibilang cukup menguras isi dompet.

Jika kamu seorang desainer pemula dan belum cukup banyak uang untuk membeli paket adobe CC, maka salah satu caranya adalah dengan mencoba alternatif software gratis.

Berikut ini 3 software desain yang bisa didapatkan secara gratis :

1. Alternatif Photoshop : Pixlr Editor

Pixlr Editor ini menjadi software alternatif gratis yang layak menggantikan photoshop. Meski pada umumnya versi ini dirancang untuk desainer pemula atau non professional.

Pixlr Editor ini merupakan software yang sangat canggih dan sangat mirip dengan photoshop, software ini juga memiliki antarmuka atau tata letak yang sama seperti photoshop.

Jadi sangat mudah digunakan jika kamu sudah terbiasa dengan software photoshop..

Selain dapat digunakan di perangkat desktop, Pixlr Editor ini juga dapat digunakan di perangkat Ios dan Android seperti Tablet, smartphone juga bisa digunakan di situs web.

2. Alternatif Illustrator : Inkscape

Inkscape sudah menjadi alternatif illustrator yang sangat popular. Inkscape ini memiliki antarmuka yang sangat sederhana dibandingkan dengan Illustrator, tetapi itu tidak menutup kemungkinan kalau Inkscape tidak bisa membuat animasi yang sangat detail.

Inkscape juga memiliki fitur canggih yang sudah sering kita temukan di Illustrator seperti objek cloning dan penandaan. Inkscape juga sudah menjalankan format SVG.

3. Alternatif InDesign : Scribus

Karena kemampuan software ini sangat baik dan bisa didapatkan secara gratis. Scribus adalah software alternatif yang bisa digunakan. Scribus merupakan program layout halaman yang sangat berguna, gratis dan professional.

Scribus memiliki kemampuan sebagai aplikasi desktop publishing yang mirip seperti InDesign.

Walaupun software ini dirancang untuk pemula. Akan tetapi, Scribus juga menyediakan fitur-fitur professional. seperti warna-warna CMYK, warna spot, manajemen warna ICC, dan kemudahan dalam pembuatan file PDF.

 

Semoga bermanfaat, Terima kasih…

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.