Seperti yang kita ketahui di sekeliling kita terdapat banyak warna. Tapi tahukah kalian bahwa warna memiliki karakter? Jadi warna memiliki 2 karakter yaitu warna panas dan warna dingin. Pembagian karakteristik warna ini berdasarkan pada sensasi atau perasaan saat kita melihat warna tersebut. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas perihal karakteristik warna ini. Check it out.
1. Warna Panas

Tahukah kalian seperti apa warna panas itu? Warna panas yaitu warna yang lebih terang saat dipandang mata. misalnya merah, kuning, orange, dsb. Tapi bagaimana jika warna panas dikaitkan dengan desain grafis? Warna panas dalam desain grafis adalah warna yang memberikan kesan ceria, senang, bersemangat, dsb.

2. Warna Dingin

Nah, sekarang bagaimana dengan warna dingin? Warna dingin adalah warna yang apabila dilihat oleh mata memberikan kesan teduh dan menenangkan. Misalnya ungu, biru, hijau, dsb.

Dalam desain grafis, kita bisa membedakan warna panas dan dingin dengan melihat skema warna diatas. Dalam skema warna diatas ada pengkodean warna misalnya O-R, Y-O, R-P, dsb. Pengkodean tersebut bisa digunakan saat kita sedang bekerja dalam komputer kita, atau saat kita mendapatkan klien yang memberikan kode warna tersebut untuk desain yang dipesannya. Saat kalian menemukan kode warna yang bertuliskan huruf R-O, Y-O atau Y-G, berarti itu menunjukan warna panas. Dan bila kamu menemukan kode warna yang bertuliskan huruf R-P, B-P atau B-G berarti itu menunjukan warna dingin.