Desain Grafis adalah sebagai bentuk proses komunikasi nyata dalam menyampaikan suatu pemecahan penggunaan seni dan teknik dalam memilih ataupun menata huruf, gambar, dan juga illustrasi. Bidang ini juga sering dijadikan orang sebagai bentuk mereka dalam menyampaikan pesan yang nyata dan juga sebagai bentuk desain komunikasi. Sedangkan Desainer Grafis adalah orang yang membuat dan menciptakan karya dengan menjalankan aplikasi yang ada dengan menggabungkan dan membuat melalui simbol, gambar dan teks untuk mewujudkan objek yang ditangkap oleh indra melalui akal untuk diproses yang akan menghasilkan konsep dan ide mereka ungkapkan kembali.

Pada umum nya Desain Grafis di gunakan oleh Perusahaan untuk menciptakan Logo atau Branding, Desain Editorial untuk membuat Majalah, Koran dan Buku, Desain Iklan, Desain Web, Desain Komunikasi.

Tentu nya Desain Grafis di bantu oleh beberapa Software yang sering digunakan dan telah disediakan seperti Adobe Illustrator, Photoshop, Adobe InDesign, Corel Draw. Berikut beberapa penjelasan dari masing-masing Software.

1. Adobe Illustrator

Software yang sering digunakan untuk membuat berbagai macam jenis gambar seperti Digital, Kartun, Rancangan/Skema, Diagram, Grafik, Logo dan Illustrasi. Pengguna Adobe Illustrator juga mempunyai banyak peluang untuk dapat mengimpor foto, Adobe Illustrator juga dapat kita gunakan untuk mewarnai ulang dan kita juga dapat membuat kembali sketsa dari sebuah foto. Tidak hanya itu, Adobe Illustrator juga digunakan untuk memanipulasi teks dengan berbagai macam cara dan berguna untuk membuat kartu pos, poster dan desain visual lain nya yang menggunakan teks dan gambar secara bersamaan.

2. Photoshop

Software yang sering digunakan untuk mengedit foto atau gambar dengan penambahan efek-efek yang mendukung untuk mengedit foto tersebut. Adobe Photoshop juga sering digunakan oleh Fotographer dan juga perusahaan iklan lainnya untuk itu Adobe Photoshop sudah dikenal dengan Software pengeditan terbaik. Tidak hanya itu Photoshop juga dapat digunakan dalam proses pembuatan gambar di world wide web atau yang sering kita sebut dengan singkatan www.

3. Adobe InDesign

Software yang sering digunakan untuk pembuatan majalah, brosur, buku, poster, surat kabar dan lainnya, InDesign sering digunakan oleh pengguna utama seperti pekerja media cetak. Selain itu InDesign mempunyai kelebihan yang dapat meng ekspor ke format EPUB dan SMW sehingga menjadikan Software ini dapat membuat Ebook dan publikasi digital lainnya.

4. Corel Draw

Software yang sering digunakan untuk membuat Logo, membuat Font baru dan membuat Poligon. Corel Draw juga umum nya sering digunakan oleh seorang desain grafis, selain itu Corel Draw dapat mudah digunakan walaupun begitu Corel Draw mempunyai Software yang tidak kalah dengan Software lainnya.

 

Semoga bermanfaat 😀