Prinsip desain terdiri atas 5 hal yaitu keseimbangan (balance), kesatuan (unity), ritme (rhytm), penekanan (emphasis), dan proporsi. Berikut penjelasan dan contohnya masing-masing dalam bentuk media poster.

1. Keseimbangan (balance)

Merupakan sebuah keseluruhan komponen-komponen desain yang harus tampil seimbang tidak ada berat sebalah. Seorang desainer harus bisa memadukan sebuah keseimbangan antara tulisan, warna, dan gambar sehingga tidak ada muncul kesan berat sebalah.

2. Kesatuan (unity)

Merupakan prinsip desainer grafis yang termasuk kesatuan kohesi, konsistensi, ketunggalan atau kebutuhandalam isi pokok dari komposisi tersebut. Dengan adanya prinsip sebuah kesatuan yang dapat membantu semua elemen menjadi sebuah kepaduan yang menghasilkan tema yang kuat, serta mengakibatkan sebuah hubungan yang saling mengikat satu sama lain.

3. Ritme (rhythm)

Ritme adalah prinsip pembuatan desain yang menyatukan irama. Bisa juga disebut pengulangan atau variasi dari komponen-komponen desain grafis tersebut.

4. Penekanan (emphasis)

Adalah sebuah bentuk desain yang harus ditonjolkan. Tujuan utama dari penekanan ini untuk mewujudkan suatu hal yang dapat mengarah pandangan khlayak sehingga yang disampaikan dapat tersalurkan secara baik.

  1. Proporsi

Dalam proporsi tersebut dapat diartikan pula sebagai bahan ukuran/size tanpa ada perubahan ukuran panjang, lebar, dan tinggi sehingga gambar perubahan proporsinya dapat sering terlihat distorsi.

Image by https://i0.wp.com