pathfinder merupakan sebuah tool yang berfungsi untuk memodifikasi sebuah objek yang ingin kita buat agar dapat saling menyatukan dan membelah objek. pathfinder tersebut menjadi salah satu fitur yang sangat penting dalam dunia desain karna untuk mempermudah membuat suatu objek pada adobe illustrator.

yang pertama, Buatlah sebuah objek, lalu coppy objek tersebut kemudian klik windows > pathfinder atau juga bisa menggunakan shortcut dengan menekan tombol shift + ctrl + f9 , lalu pathfinder tersebut akan muncul. saya akan memilih objek kotak, untuk pembuatan objek kotak yang sempurna anda dapat membuat objek tersebut di barengi dengan menekan tombol Shift.

 

 

Buat kembali objek yang sama dengan mengcoppy + paste objek yang kita buat tadi.

Setelah kita Coppy, maka kedua objek tersebut kita blok dengan menekan tombol Ctrl + A. stelah itu, kita akan mencoba sebagian fungsi dari pathfinder tersebut. dan jangan lupa untuk pemakaian pathfinder tersebut sebelumnya kita blok terlebih dahulu agar terlihat hasilnya.

  1. Unite

Unite merupakan salah satu fungsi pathfinder yang berguna untuk menyatukan beberapa objek menjadi satu objek.

 

2. Intersect
Intersect merupakan salah satu fungsi pathfinder yang berguna untuk  membuat objek baru dari bagian yang saling menyatu pada kedua objek.

 

3. Exclude

Exclude merupakan salah satu fungsi pathfinder yang berguna untuk menghilangkan bagian ditengah suatu objek antara kedua objek yang saling menempel.

 

4. Crop

Crop merupakan salah satu fungsi pathfinder yang yang hampir sama dengan intersect , berguna untuk memotong bagian objek yang menepel pada objek-objek lain, tetapi intersect membuat compound shape sedangkan Crop tidak.

 

5. Outline

Outline merupakan salah satu fungsi pathfinder yang berfungsi untuk membuat suatu objek menjadi hanya garis tepi saja.

Itulah sebagian fungsi-fungsi dari pathfinder yang dapat saya jelaskan semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa berbagi ke sesama pecinta Adobe illustrator lainnya yaa guyss. Terimakasih