1. Slab Serif

Slab Serif ini berasal dari Inggris yang  telah berusia sekitar 200 tahun. Font dengan mempunyai karakter yang “gemuk” ini dengan cepat menjadi populer dan Slab serif ini pun juga banyak digunakan untuk desain sebagai media mulai dari tanda di peti barang hingga pamflet.

2. Script

Script ini mempunyai beberapa gaya, mulai gaya kasual, rapih, dan elegan. dalam font Script ini di buat dengan tulis tangan yang didasarkan dengan penggunaan kuas.Dan juga jenis font script ini banyak digunakan sebagai font undangan pernikahan.

3. Display

Display dikenal sebagai font untuk sebuah judul yang bertujuan untuk menarik perhatian pembaca. Dalam umumnya font ini di gunakan untuk iklan, di billboard, poster, dan sampul buku. Biasanya Font Disaplay berukuran besar (>14) ini digunakan oleh desainer.

4. Monospaced

Monospaced ini disebut sebagai font non proporsional yang artinya semua karakter dalam jenis font yahng menempati jumlah horizontal yang sama dengan lainnya. Font Monospaced disebut Courier dan monaco yang bernilai bukan dari keindahan Tetapi kemudahan untuk dibaca.

5. Calligraphic

Calligraphic berdasarkan teknik tulisan kuno yang menggunakan pena dengan ujung datar untuk membuat sebuah huruf yang unik dan artistik. Dalam gerakan dan arah pena sangat menetukan sebuah ketebalan garis. Pada umumnya bentuk penulisan gaya ini merupakan salah satu seni rupa yang di gunakan sebagai surat formal atau juga undangan.

6. Serif

Serif ini jenis tipografi yang terdiri dari garis yang bertanda guratan kecil yang mudah untuk di baca. serif adalah huruf font asli yang berbentuk alfabet latin. contoh serif klasik yaitu seperti Times New Roman, New Century Gothic, dan palatino.

 

Image by https://www.decodeko.co.id