Apa Itu Desain Grafis ???

Pada zaman sekarang ini pasti sangat banyak orang yang menyukai seni, akan tetapi seni yang akan kita bahas disini yaitu seni desain grafis. Banyak dizaman sekarang pula yang tertarik terhadap seni desain grafis yang hanya sekedar inin menabah pengetahuan saja tentang seni. Padahal apabila kita mempelajari da menekuninya lebih dalam, kita dapat menemukan berbagai macam hal yang akan kita dapatkan dari desain grafis ini. Contohnya apabila kalian bekerja disebuah percetakan, tentunya ilmu desian grafis sangatlah dibutuhkan.

Apa itu desain grafis?

Desain grafis adalah salah satu jenis seni yang bertujuan menyelesaikan suatu masalah komunikasi melalui media yang desainer itu gunakan, bisa desainer itu realisasikan kedalam bentuk objek tulisan, garis, warna ataupun ilustrasi lainnya. Desain yang dibuat diharapkan dapat menyampaikan pesan dari tujuan dibuatnya desain tersebut secara jelas dan juga efektif.

Didalam desain grafis, sebuah tulisan pula dapat dinamakan sebagai sebuah gambar. Karena tulisan merupakan bentuk abstraksi simbol-simbol yang dapat menjelaskan maksud dari sebuah desain atau  gambar.  Didalam desain grafis biasanya sering disebut Desain Komunikasi Visual (DKV).

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (proportion) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Seni itu memiliki berbagai macam cabang diantaranya yaitu desain grafis. Desain yang dalam perkembangan zamannya dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Seseorang yang bekerja sebagai seorang Desainer Grafis, diwajibkan memiliki  5 dimensi keilmuan diantaranya :

1. Wawasan Teknologi

2. Wawasan Sains

3. Wawasan Seni

4. Wawasan Sosial Dan Budaya

5. Wawacan Filsafat Dan Etika

Mwnjadi seorang desainer grafis itu tentunya tidak semudah yang kita pikirkan, bukan hanya asal dalam mendesain sesuatu akan tetapi banyak sekali hal yang harus kita perhatikan ketika kita mendesain. Sebuah karya yang dihasilkan oleh seorang desainer grafis tentunya harus bisa dimengerti sampai kepada orang awam, jadi apabila anda ingin menjadi seorang desainer grafis, kamu jangan hanya belajar dalam pengeditan, tetapi anda juga harus belajar tentang unsur/ elemen apa saja yang harus kita perhatikan.

Apa kewajiban seorang desainer grafis?

Seorang desainer grafis memiliki tujuan penting, yaitu menyampaikan suatu pesan melalui visual yang dibuat dan rangkum kedalam sebuah karya. Sungguh tugas ini bukanlah tugas yang mudah, selain itu karya yang dihasilkannya pula harus tepat juga mudah dimengerti.

Bagaimana??? masih tertarik kah untuk menjadi seoran seniman dibidang Desain Grafis?? hamasssaaaaaah…