Mungkin beberapa dari kalian belum mengetahui apa itu EPS? Jika kalian seorang desain grafis pastinya pernah menemui file dengan format EPS karena file sejenis ini sering muncul ketika kita mencari referensi di internet, seperti Freepik, Shutterstock, Mockup atau sejenis website lainnya. Karena saat kita mengunduh file dari beberapa website tersebut pasti kita akan menemukan beberapa file didalamnya seperti file .jpg, .ai, .eps dan beberapa jenis file lainnya. ย Dan saya akan membahas beberapa poin dalam EPS ini sendiri.

Pengertian file EPS?

EPS adalah singkatan dari Encapsulated PostScript yaitu file dengan format yang berisikan grafik ataupun bitmap. Eps berkas yang menjadi pembatas tambahan yang membuat peranti lunak yang menjadikan embedding melakukan tugasnya dengan mudah. Format sejenis ini sering digunakan oleh pengguna aplikasi Adobe illustrator dan CorelDraw, file sejenis EPS ini jika kita buka dalam program Adobe Illustrator dan CorelDraw tidak akan mengubah ukuran, kualitas dan kalian dapat mengedit dan juga memanipulasi nya.

Cara mengedit file EPS?

Saya akan memberi contoh file yang sudah kita download di website Freepik :

  1. Kalian download terlebih dahulu apa yang dibutuhkan, jika sudah dapat kalian download seperti biasa.
  2. Jika sudah berhasil di download kalian buka dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
  3. Klik file dengan format Eps tersebut dan kalian akan dialihkan ke software pendukung file tersebut, bisa Adobe Illustrator atau lainnya.
  4. Kalian tinggal edit file tersebut sesuai kebutuhan ๐Ÿ˜€

Demikian pembahasan tentang file dengan format EPS, semoga bermanfaat ๐Ÿ˜€