Dalam dunia desain grafis kita sudah tidak asing lagi mendengar kata RGB dan CMYK. Apa itu RGB dan CMYK? Mereka adalah warna-warna yang ada dalam software untuk membuat desain grafis. Misalnya saja dalam Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, dll. Tapi tahukah teman-teman bahwa sebenarnya keduanya mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Apakah perbedaan antara keduanya? Yuk kita pelajari!

RGB adalah singkatan dari Red, Green, Blue. RGB adalah warna-warna dasar yang dijadikan sebagai patokan warna secara keseluruhan. Namun RGB ini mengabaikan warna hitam. Dalam dunia desain grafis, pengaturan warna ini digunakan untuk gambar yang tidak untuk dicetak. Misalnya gambar yang hanya akan kita gunakan dalam web dan social media.

Nah sekarang bagaimana dengan CMYK? CMYK adalah singkatan dari Cyan (biru kehijauan), Magenta (seperti pink tapi warnanya lebih tua), Yellow (Kuning) dan K adalah perwakilan dari warna hitam. CMYK ini biasanya digunakan untuk karya yang hasilnya hendak dicetak. Misalnya poster. CMYK ini mengabaikan warna putih. Karena warna putih ini dianggap sebagai warna bidang (warna kertas)