CorelDraw adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

 

Keunggulan program CorelDraw

Suatu program yang baik tentu saja memiliki keunggulan yang signifikan. Beberapa keunggulan program Corel Draw antara lain adalah:

–         Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.

–         Penggunaan Corel Draw, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya.

–         Corel Draw sangag baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Potoshop.

–         Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.

 

Kegunaan dari program Corel Draw

Jika berbicara masalah kegunaan Corel Draw, sebenarnya ada cukup banyak dan bahkan bisa dikatakan sangat banyak. Namun bagi para penggunanya, program Corel Draw seringkali dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan dibawah ini, yaitu:

1.Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna.

2.Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga menjadi suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya juga menggunakan Corel Draw sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat.

3.Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw. Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas.

4.Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat.

 

BAGIAN-BAGIAN YANG ADA PADA CORELDRAW

 

  1. Titel Bar
    Bagian ini berguna untuk menampilkan judul aplikasi yang kita operasikan.
  2. Menu Bar
    Bagian ini merupakan barisan menu yang ada, antara lain : File, Edit, Layout, Type, Element, Utilities, View, Window serta Help.
  3. ToolBar
    Sebuah kumpulan perintah yang bertujuan agar kita lebih mudah menggunakannya.
  4. Property Bar
    Bagian baris berisi perintah – perintah tertentu. Property Bar ini sangat unik di banding yang lain, karena tampilan Property Bar terus berubah – ubah dan semua perintah akan berganti jika icon yang aktif berganti.
  5. ToolBox
    Bagian ini mempunyai alat – alat yang berperintah pada objek, seperti : membuat objek, mengisi objek atau pun memodifikasi sebuah objek.
  6. Drawing Window
    Ini juga mempunyai fungsi sebagai alat untuk memodifikasi satu objek yang kita inginkan dan Drawing Window ini wilayah luar dari pada Drawing Page.
  7. Drawing Page
    Di wilayah ini lah kita akan bekerja untuk sesuatu yang kita inginkan, yang mana wilayah ini biasanya berbentuk persegi panjang. Jika gambar berada di dalam wilayah Drawing Page maka gambar itu dapat kita cetak. Sering orang bilang Drawing Page ini sebagai Printable Area.
  8. Ruler
    Ini mempunyai fungsi yang sangat kita perlukan yaitu membantu kita mengukur dalam menggambar agar kita mengerjakan halaman Corel draw lebih mudah. Tanpa ada ruler kita kesulitan dalam membagi sebuah Page yang kita gunakan.
  9. Color Palette
    Bagian ini yang mendukung kita dalam mempercantik gambar atau desain yang kita kerjakan, karena di bagian inilah warna – warna yang kita butuhakan berada. Jika tidak ada Color Palette kita kita tidak akan mewarnai gambar kita, maka gambar tidak menarik perhatian orang meskipun desain itu cukup bagus.
  10. Document Navigator
    Ini terletak di kiri bagian bawah Drawing window yaitu berisikan alat Control agar halaman dapat berpindah dari halaman gambar satu ke halaman gambar berikutnya.
  11. Status Bar
    Bagian ini bertujuan untuk menyampaikan informasi posisi kursor berada dan operasi apa yang kita jalankan.
  12. Navigator
    Tombol berguna untuk Open Drawing window dengan ukuran minimalis. Tombol ini terletak di bawah pojok kanan dan bisa membantu kita dalam bergerak ke gambar yang kita kerjakan.
  13. Docker
    Bagian ini mempunayi perintah dan sangat simpel fungsinya hanya mengatur secara relevan pada tool – tool tertentu saja.