Grouping merupakan pengelompokan objek-objek menjadi satu dan berguna jika ingin menggerakkan objek atau memperlakukan objek sebagai satu kesatuan.

Langkah-langkah melakukan grouping adalah :

1. Buat dua buah objek, misalnya objek Rectangle dan objek Ellipse seperti gambar di bawah ini.

2. Pilihlah kedua objek tersebut dengan menggunakan Selection Tool atau bisa langsung dengan Ctrl+A agar keempat sisi objek tersebut dapat muncul dan ujung-ujungnya timbul notasi kotak.

3. Lalu pilih menu Object > Group atau langsung klik Ctrl+G pada keyboard.4. Kedua objek otomatis sudah menjadi satu group, grouping berpengaruh ketika kita melihat dengan cara menggeser salah satu dari objek tersebut yang membuat semua objek akan ikut bergerak.

Ungrouping kebalikan dari grouping, jika grouping tadi menyatukan objek lain halnya dengan ungrouping yaitu memecahkan objek tersebut agar tidak terjadi pengelompokan.

Langkah-langkah melakukan ungrouping adalah :

  1. Pilih objek yang akan kalian ungrouping pastikan objek itu dalam keadaan grouping.2. Lalu pilih Object > Ungroup dan otomatis tampilan objek akan kembali dalam keadaan semula, apabila salah satu objek digeser maka objek lainnya tidak akan ikut tergeser.Berikut pembahasan tentang Grouping dan Ungrouping, semoga bermanfaat 😀