Cara Menggunakan Tool Brush di Adobe Photoshop

Di adobe Photoshop tentunya sangat banyak sekali tool yang tersedia, salahsatunya yaitu tool brush. Tool brush ini mempunyai berbagai macam fungsi seperti membuat bentuk, mewarnai atau menghapus objek dengan bentuk tertentu. Didalam Adobe Photoshop ini juga sudah tersedia brush-brush yang sederhana, akan tetapi kita bisa memilih ataupun mendownload sendiri jenis brush yang akan kita masukkan kedalam Adobe Photoshop ini. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan salah satu manfaat/ kegunaan dari tool brush ini, yaitu membuat bentuk awan . Untuk itu anda bisa mendownload nya di Brusheezy atau di web manapun yang kalian ketahui.

1. Apabila kalian sudah mendownload Brushnya kalian bisa masukkan kedalam folder brush
Program Files -> Adobe -> Adobe Photoshop CS3 (yang saya pakai) -. Preset -> Brushes

2. Sebelum kita memulai, kita akan membuat halaman baru, dengan cara klik File -> New (Ctrl+N), beri warna Hitam. Untuk memberikan warna hitam pada layer anda bisa menggunakan Paint Bucket Tool.

3. Pilih Brush Tool yang akan kalian berikan, ganti bentuknya menjadi awan, klik kanan pada layar maka akan muncul pilihan beberapa brush dan pengaturan ukuran (Master Diameter)
bis kita lihat seperti contoh dibawah ini.

4. Sebelum menggunakan brush, buat terlebih dahulu layer baru untuk menempatkan hasil brush, Layer ->New-> Layer (Shift+Ctrl+N), dan salah satu alasan mengapa harus membuat layer baru itu adalah supaya kita bisa lebih leluasa untuk merubah objek yang telah kita buat, sehingga apabila kita ingin menghapus objek, objek yang ada dibelakang nya pun tidak ikut serta terhapus, dan jangan lupa beri nama terhadap setiap layer contohnya nama awan. Untuk menggunakan brush tool anda cukup lakukan klik.

Cukup Sekian latihannya menggunakan tool brushnya, selamat mencoba, dan hasilkan karya terbaikmu.