Desain grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.

Komunikasi visual adalah rangkaian proses penyampaian informasi atau pesan kepada pihak lain dengan penggunaan media penggambaran yang terbaca oleh indra penglihatan.

Prinsip dan unsur desain grafis :

Adapun unsur desain grafis yaitu, (shape, form, tekstur, garis, ruang dan warna) yang membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.

Media yang digunakan :

Adapun media atau peralatan yang digunakan oleh pendesain grafis yaitu, ide, akal, mata, tangan, alat gambar, komputer dan media lainnya.

Sebuah ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan dalam bentuk visual.

Ada beberapa elemen yang digunakan untuk melengkapi proses terbentuknya suatu gambar atau objek lainnya, berikut beberapa elemen yang ada pada desain grafis:

 

  1. Garis

Garis adalah sebuah elemen dasar yang menyusun sebuah desain, garis yang terdiri dari kumpulan titik-titik inilah yang menjadi penanda dan membedakan suatu objek  dengan objek lain, sehingga yang melihat dapat mencerna suatu pesan dikomunikasikan secara visual.

  1. Form dan space

Adalah suatu kumpulan garis-garis yang menyambung dan membentuk suatu objek tertentu. Ketika kita membuat objek otomatis objek tersebut akan membentuk ruang , space terbagi dua yaitu space positif dan space negative. Space positif yaitu ruang yang ada di dalam objek yang kita buat sendiri, sedangkan space negative yaitu ruang yang berada diluar objek .

  1. Color (warna)

Elemen yang satu ini sangat penting karna dibutuhkan untuk menghidupkan suatu objek, misal suatu gambar bila tanpa adanya warna akan terasa ada yang kurang bahkan akan mengurangi nilai tersendiri yang ada pada objek tersebut.

  1. Type (text)

Dalam suatu gambar atau objek yang akan kita buat harus ada text atau penulisan, penulisan disini menggambarkan suatu objek yang kita buat , pentingnya text disini agar pembaca atau yang melihatnya bisa mengetahui tujuan dari objek yang kita buat.

  1. Tekstur dan gambar

Tekstur/gambar adalah salah satu elemen yang dibutuhkan saat kita membuat suatu objek yang mencangkup segala hal, misalnya jika kita ingin membuat floating island harus ada image yang cocok agar gambar terlihat jelas, dan benar-benar seperti nyata.