Desain Grafis VS Desain Komunikasi Visual

Desain Grafis dan Desain Komunikasi Visual atau bisa disebut dengan DKV tentu memiliki perbedaan baik itu perbedaan dari segi konsep penyampaian informasi nya dan juga dari segi perkembangan nya sendiri. Desain grafis merupakan titik dasar yang berkembang dalam penyampaian informasi dengan media digital ataupun media cetak, media 2 dimensi juga dapat dihasilkan melalui aplikasi media cetak yang mampu mendorong untuk berkembangnya desain grafis itu sendiri.

Banyak teknik yang telah ditemukan dengan mesin cetak untuk membantu, mendukung dan juga mendorong kemajuan dunia desain grafis sesuai era jamannya. Makin hari perkembangan teknologi semakin maju tidak heran jika desain grafis juga tidak membatasi media nya, baik itu dengan aplikasi cetak 2 dimensi atau pun 3 dimensi.

Berkembangnya jaman tentu membantu desain grafis untuk mencocokan hal-hal yang menarik dan tentu nya menakjubkan karena ahli teknologi komputer sering bekerjasama dengan seorang desain grafis atau sering disebut desainer grafis karena teknologi akan mencari sesuatu yang berhubungan dengan nya.

Jadi teknologi akan memiliki karakteristik yang dinamis. Teknologi bukan hanya sekedar alat mesin saja tetapi juga merupakan seni yang dapat berkomunikasi dengan manusia, seni disini maksudnya mempunyai ciri khas atau tingkat selera yang tinggi yang akan dapat dinikmati oleh semua golongan dalam kehidupan.

Saya akan memberikan contoh DKV yaitu HP, di era jaman sekarang tentu HP sudah menjadi alat atau robot yang dapat mempengaruhi kehidupan psikologi manusia, HP terlihat menjadi semakin menarik dengan penambahan desain yang dapat memikat dan bahkan menjadikan kita sebagai pengguna menjadi ketergantungan.

Tentunya tidak hanya desain yang dapat menarik HP itu sendiri, fitur-fitur yang terdapat didalamnya juga berpengaruh karena fitur akan menjadi warna  seperti fitur musik, suara yang menjadikan nya sebagai program yang membantu kita didunia luar. Komunikasi Visual akan menjadi seni dalam media komunikasi. Untuk itu tidak banyak lagi orang yang menyampaikan komunikasi nya melalui tulisan, jarang juga orang mengobrol, bertemu langsung karena ini efek dari DKV yang mengubah jaman, pemikiran, perilaku dan situasi.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan jika perbedaan desain grafis dan DKV adalah jika DKV itu sudah melebar lebih luas dari desain grafis karena desain grafis hanya bersifat 2D yang hasil akhirnya akan dicetak. Sedangkan DKV bisa berupa 2D dan juga 3D dan desain grafis masih mencangkup DKV itu sendiri.