Desain Simbolis

Desain simbolis adalah sebuah desain yang berhubungan dengan bagaimana kita mengkomunikasikan sebuah ide, emosi kedalam sebuah desain. Sperti simbol Logo Perusahaan yang dirancang agar lebih mudah dikenali maupun dijelaskan. Hal terkecil yang tidak kita sadari adalah tanda “dilarang parkir” berbentuk “hurup P yang diberi garis miring” . bentuk ini sangat terkenal didunia dan sudah disepakati oleh dunia bahwa simbol ini digunakan sebagai tanda “Dilarang Berhenti” dalam bentuk desain simbolik.

Simbolisme Warna dalam desain
Warna dalam budaya di dunia , memiliki makna berbeda-beda. warna bisa mewakili berbagai macam aspek, seperti : perasaan, negara, suku, budaya dll. warna juga dapat mewakili pribadi seseorang. sebagai desainer atau perancang, kita harus bisa menganalisa warna apa yang akan dipakai pada desain, agar tidak ada kesalahpahaman.

Misalnya didunia barat, warna merah melambangkan banyak hal tergantung pada konteksnya. Selain diartikan seperti diatas, merah juga bisa berarti kemarahan dan emosional atau bisa pula hasrat yang kuat.

Simbolisme Bentuk
Nah selain dari warna bentuk pula mempunyai peranan penting berikut beberapa bentuk umum serta maknanya :

Lingkaran, berarti : feminim, rahim, meliputi, pengasuhan, utuh
Persegi, berarti : Struktur, keseimbangan, blok bangunan, urutan
Bentuk vertikal : Roket, gerak keatas, maskulin, Phallic ( bentuk anu pria yang sedang berdiri tegak, melambangkan kekuatan, stamina )
Bentuk horizontal : Jarak, bepergian, istrahat.

Sebenarnya masih banyak lagi bentuk-bentuk simbolik, namun setidaknya sobat sudah bisa menyadari, bahwa bentuk sangat mempengaruhi arti dari desain.


Logo carefour | contoh desain simbolik

Salah satu contoh logo simbolis terkenal didunia adalah Logo Perusahaan carefour. Secara tidak langsung, desain simbolik sudah memainkan alam bawah sadar kita.

Semoga bermanfaat kawan good bye….