Sebagai seorang Desain Grafis tentu nya kita harus mempunyai Desain Web untuk pekerjaan kita terlebih lagi untuk seorang Freelancer. Desain Web mungkin hanya diketahui oleh beberapa dari kalian saja tetapi ada juga yang sudah mengetahui apa itu Desain Web. Sebelum membahas lebih lanjut saya akan memberitahu apa itu Desain Web.

Desain Web adalah Pembuatan sebuah Web yang mempunyai sekumpulan Desain, baik itu dari dalam Layout maupun isi dari artikel nya. Tidak banyak orang yang dapat menjalankan Desain Web karena secara umum seorang Desainer Web harus memahami Desain Web itu sendiri dan juga harus mempunyai Skill untuk di isi sebagai artikel di Web tersebut.

Ada bidang yang harus dimiliki oleh Desainer Web :

  1. Desain Grafis

Desain Grafis proses komunikasi yang memakai beberapa elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dilibatkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan sampai dengan konsep yang akan dibuat. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.

2. Penataan Konsep

Tidak hanya Skill yang harus kita miliki tetapi Penataan Konsep juga sangat penting untuk seorang Desainer Web. Selain konsep yang harus berkualitas kita juga harus menentukan konsep yang berkualitas dengan penataan yang menarik.

3. SEO (Search Engine Optimization)

SEO dapat mempengaruhi tingkat keterlihatan yang ada di situs web dari sebuah mesin pencarian atau bisa disebut proses aktifitas yang ada di situs web anda. Jadi bidang ini penting untuk Desainer Web.

4. Kode atau Hastag

Kebanyakan orang mencari situs web dari kode ataupun hastag yang ada. Untuk itu bidang ini sangat diperlukan karena berhubungan dengan pengarahan situs web epada keragaman jenis pengunjung dan teknologi maupun perangkat yang digunakan.

Desain Web juga terbagi menjadi 2, yaitu Desain Web Klasik dan Desain Web Modern. Jika Desain Web Klasik lebih menggambarkan tampilan visual website sedangkan Desain Web Modern lebih cenderung kepada Pewarnaan, Penekanan, Keseimbangan, Irama, Elemen Grafis seperti bentuk, garis, tekstur, warna dalam dan arah dan dalam penggunaan ikon, tampilan umum dan tekstur latar belakang dari sebuah website secara keseluruhan.

Ada 3 cara dalam pembuatan website :

  1. Dengan menggunakan bahasa pemograman atau dengan cara murni, yang dimaksud dengan bahasa pemograman yaitu HTML. Seorang Desainer Web dalam hal menciptakan dan membangun Web itu harus memakai tag HTML karena untuk penentuan Metada dalam setiap halaman website tersebut.
  2. Menggunakan Framework, kenapa harus menggunakan Framework agar mempercepat pengerjaan Web, Dapat digunakan kembali dan mudah untuk diperbaiki, Sudah menggunakan OOP, Mengurangi Hacker.
  3. Menggunakan CMS (Conten Management System), agar mempermudah kita dalam mengedit konten web tersebut, Tidak membutuhkan skill khusus seperti HTML, dan penambahan fungsi lain nya.

Semoga setelah membaca artikel ini anda diharapkan dapat merencanakan project desain web anda di depan, Jika Anda memiliki keterampilan untuk mengembangkan situs web Anda maka prosesnya harus Anda ketahui. Semoga Artikel ini dapat membantu 😀