Faktor yang Menentukan Harga Desain Grafis

Menentukan harga suatu desain grafis itu merupakan hal yang tidak mudah. Karena jenis-jenis desain itu sangatlah bervariatif. Apalagi bagi seseorang yang baru memasuki dunia desain, biasanya seorang pemula memberikan harga yang rendah, karena yang awal ia pikirkan bukanlah nominal yang ia dapatkan akan tetapi adakah yang mau membeli hasil karyanya. Akan tetapi bagi seseorang yang sudah handal pasti ia memasang tarif yang sesuai dengan hasil karyanya, contohnya seperti desain logo perusahaan-perusahaan terkenal, harga setiap logo itu bisa mencapai ratusan juta rupiah. Dan yang menentukan harga suatu desain itu, memiliki beberapa faktor. Nah berikut merupakan beberapa faktor yang dapat menentukan harga desain sebuah project, semoga dapat membantu kalian yang sedang kebingungan menentukan harga.

Berikut merupakan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga desain sebuah project :

1. Keahlian
Hal pasti yang dapat menentukan harga sebuah project itu adalah keahlian dari seorang desainernya itu sendiri dalam menghasilkan desain yang dapat menarik perhatian orang. Maka dari itu kita juga harus berkaca dengan karya kita apabila ingin menentukan harga. Apakah karya kita mempunyai daya jual yang tinggi ? atau malah sebaliknya ? Semakin tinggi kualitas desain kita, maka akan semakin tinggi pula nominal yang akan kita dapat.

2. Pengalaman
Pengalaman seorang desainer juga akan membuat desainer itu juga berkembang seiring berjalannya waktu. Jika pada awalnya dia memberikan harga yang rendah, seiring berjalannya waktu dan pengalaman yang ia dapatkan, maka ia akan lebih mengerti akan harga pasaran yang pantas ia tentukan menjadi harga yang sesuai.

3. Waktu yang dihabiskan
Waktu juga merupakan hal yang penting didalam penentuan harga, mengapa ? itu karena jika waktu yang dibutuhkan untuk membuat desain itu lama, berarti tenaga, otak kita juga sangat terkuras untuk menegrjakan project tersebut. Bahkan banyak juga para desainer yang menentukan harga desain berdasarkan hitungan jam yang dihabiskan dalam pengerjaan desain tersebut.

4. Tingkat Kerumitan
Sebuah project itu, pastinya mempunyai tingkat kerumitannya tersendiri, semakin rumit desain yang dibutuhkan, maka akan semakin tinggi pula nominal yang diberikan, karena dengan tingkat kerumitan yang tinggi waktu, imajinasi, tenaga kita juga terkuras.

5. Outsource
Sebagai mahkluk sosial, pastilah kita membutuhkan sesama. Begitu pula seorang Desainer grafis, dia bukanlah orang yang segala bisa, seorang desainer grais juga pasti membutuhkan orang lain dalam pengerjaan desain nya itu sendiri, contohnya seperti fotographer, layouter, kartunis dan lain sebagainya. Itu artinya orang yang akan kita ajak kerja sama, pastinya meminta bayaran kepada kita, maka dara itu kita harus mempertimbangkan itu supaya kita tidak tekor dalam perhitungan dan pertimbangan harga.

6. Hubungan dengan Klien
Hubungan dengan para klien juga akan mempengaruhi terhadap harga project, contohnya saja apabila ada seorang klien yang sudah lama sekali menjadi klien kita, tentunya kita haruslah sekali-kali untuk memberikan diskon terhadap dia, supaya klien kita tetap bertahan di project kita, danjuga mempererat hubungan kita dengan klien kita.

7. Siapa Kliennya
Kita harus melihat siapakah yang sedang menjadi klien kita. Janganlah kalian memilih harga untuk warung kopi disamakan dengan harga untuk perusahaan. Seuaikan harga menurut klien yang sedang kita ajak kerjasama.

Semoga sedikit faktor-faktor diatas dapat membantu kawan sekalian dalam menentukan harga desain kalian, semoga bermanfaat,,,,,

good bye…