Seberapa tahu kamu tentang corel draw ?. Sebenarnya, jika kita mendesain menggunakan corel draw. Tak harus sepenuhnya memahami tools dan fungsinya secara keseluruhan. Pada dasarnya. Pasti seorang pedesain sudah tau, apa fungsi dan kegunaan tools itu sendri. Tak beda jauh dengan software desain lainnya. Hanya sebagian saja mungkin.

Setidaknya, sekedar tahu dan paham tools yang benar – benar sering digunakan. Kali ini saya akan membahas beberapa hal yang wajib di kuasai saat kita mendesain di software Corel draw. Oke langsung saja. Antara lain :

 

 

  1. Pick Tool

Fungsinya sebagai menyeleksi dan mengatur ukuran sebuah objek atau gambar. Jika kita meng-kliknya dua kali akan beralih fungsi. Fungsinya dapat memutar suatu objek atau gambar sesuai kebutuhan.

  1. Tracing

Tracing ialah proses pembentukan dengan line terhadap suatu objek dengan menggunakan tools yang telah ditentukan seperti : 2- point line, bezier, pen, polyline, 3- point curve dan tools lainnya yang mempunyai fungsi yang sama.

 

  1. Text tool

Fungsinya untuk membuat tulisan pada area kerja. Pada objek ataupun pada gambar yang akan di desain.

 

  1. Rectangle Tool

Berfungsi sebagai membuat gambar kotak. Selain Rectangle tool juga masih ada lagi yang lain seperti : Ellipse Tool, Polygon Tool dan lain – lain.

 

  1. Shape Tool

Fungsinya untuk mengatur atau mengedit objek / gambar menggunakan line dengan bantuan pointer.

 

  1. Shaping

Berfungsi untuk pembentukan objek dengan beberapa style khusus. Dengan cara menyeleksi Dengan menggabungkan dua buah objek. Kemudian, pilih menu Object – Shaping. Dan disitu banyak pilihan tergantung kebutuhan.

 

  1. Order

Teknik mengatur sebuah objek. Dengan cara menghafal shortcut order. Misalnya shift + page down (Mengebelakangi objek secara total), shift + page up (Mengedepankan objek secara total), ctrl + page down (Mengebelakangi objek dari satu objek didepannya), ctrl + page up (mengedepankan objek dari satu objek dibelakangnya).

 

  1. Edit Fiil / Fill Tool

Teknik pewarnaan. memilih jenis style warna yang diinginkan. Jadi, pemakaiannnya  uniform fill untuk satu warna, fountain fill untuk penggabungan 2 warna atau lebih atau pattern untuk pewarnaan dengan pola.