Harmonisasi WarnaWarna mempunyai peranan penting didunia desain. Dengan penggunaan warna yang tepat akan membuat pesan yang kita buat didalam gambar, akan lebih mengena dan akan lebih menambah emosi yang kita padukan antara gambar dan warna yang kita berikan.
Nah, berikut merupakan beberapa macam harmonisasi warna yang dapat kalian gunakan dalam dunia desain :
1. Monochromatic
Adalah warna yang hanya terdiri dari satu warna, tidak ada perpaduan warna apapun. Penggunaan warna monochromatic ini terkesan sederhana akan tetapi terfokus kepada nuansa warna yang diberikan.
2. Complementary
Adalah sebuah komposisi warna yang berlawanan dari susunan roda warna diatas. Misalnya warna biru dengan warna orange. Karena dominan warma complementary ini cenderung kontras, sehingga complementary sangat cocok umtuk dijadikan backround sebuah teks.
3. Analogous
Adalah penggunaan warna yang beruntun pada susunan roda warna. Misalnya warna kuning ke hijau toska dan ke hijau. Komposisi warna ini seringkali digunakan untuk yang bernuansa alam, karena perpaduan warna ini sangat enak dipandang.
4. Triadic
Yaitu warna yang menggunakan tiga garis dengan jarak spasi warna yang sama antar warna. contohnya seperti gambar diatas yaitu hijau, orange dan biru.
5. Split Complementary
Adalah sebuah komposisi warna yang jika ditarik garis pada roda warna maka akan membentuk huruf ‘Y’atau warna yang didapat dari dua skema warna di samping kanan-kiri warna komplementernya.
6. Tetradic
Adalah komposisi warna yang menghasilkan pewarnaan cukup kompleks karena sama dengan terdiri dari dua pasang warna komplementer.