Ide Dalam Membuat Desain

Imajinasi merupakan salah satu sumber bagi seorang desainer grafis, tidak akan sempurna desain nya jika desainer grafis tidak mempunyai imajinasi karena imajinasi itu sendiri sangat penting untuk mereka. Imajinasi, menurut Jack Stoops dan Jerry Samuelson, adalah kekuatan dari dalam diri kita yang memperbolehkan kita untuk mengalami apa yang telah kita alami. Imajinasi juga dapat membuka batasan ruang, waktu dan realitas. Imajinasi dapat membawa kita ke alam fantasi melalui dunia mimpi yang sebenarnya dari keinginan dan pemikiran kita yang paling dalam.

Strategy yang dapat membantu kita bermain-main dengan daya imajinasi untuk memancing ide-ide baru melalui bentuk baru, yaitu :

  1. Seleksi

Seleksi adalah proses saat mengambil sesuatu yang kita anggap penting dan hanya focus pada satu objek pandangan saja dengan bentuk tertentu untuk diobservasi. Observasi itu melibatkan perhatian secara rinci terhadap bentuk, warna, cahaya, bahan, bagian-bagian daripada benda tersebut. Dengan observasi yang baik kita akan dapat menemukan bentuk-bentuk baru yang ada pada benda tersebut.

2. Alteration (Perubahan)

Alteration adalah perubahan yang dilakukan pada sebuah benda sehingga tercipta sebuah benda yang baru. Dengan penggabungan dua elemen yang berbeda kita dapat menciptakan suatu bentuk baru. Apel dan resleting adalah dua elemen yang berbeda, penggabungan keduanya dan alterasi dari bentuk apel menghasilkan suatu bentuk baru yang mempunyai nilai dan arti baru.

3. Abstraksi

Abstraksi adalah kesederhanaan bentuk sehingga tercipta bentuk yang baru.

4. Spontanitas

Spontanitas adalah catatan semua ide yang masuk ke dalam dalam bentuk visual, atau dapat juga disebut dengan brainstorming yang tanpa kita sadari ternyata kita juga pernah membuat alterasi ide yang satu menjadi ide baru dan mengembangkannya terus sehingga menemukan ide yang terbaik.