Ilustrasi berasal dari bahasa latin ilustrate yang berarti menjelaskan. Ilustrasi gambar merukapakan unsur tata letak dua dimensi. Tujuan ilustrasi untuk memperjelas suatu pesan atau suatu maksud. Sebagai hasil visualisasi dari ilustrasi, suatu gambar biasa menggunakan teknik drawing, fotografi, atau teknik desain lainnya.

Mengenai ilustrasi, pasti selalu berkaitan dengan gambar yang dipakai dalam sebuah desain, berikut dua macam ilustrasi:

a. Ilustrasi image bitmap

 

Ilustrasi yang satu ini di bentuk oleh susunan titik koordinat dalam suatu grid. Sebuah gambar akan bagus jika semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap karena tingkat kerapatannya yang tinggi. Banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk suatu gambar  sangat mempengaruhi ketajaman warna dan detail gambar.

b. Ilustrasi image vector

Ilustrasi ini terbentuk oleh serangkaian matematis yang biasa dijabarkan dalam bentuk, garis dan bagian-bagian lain yang berkaitan dengan suatu gambar. Untuk ukuran ilustrasi relatif kecil daripada ilustrasi image bitmap. Jika ukuran suatu gambar dirubah, kualitas dari gambar tersebut akan tetap. Ilustrasi ini biasa digunakan dalam pembuatan Sebuah logo, animasi, ilustrasi, kartun, dan sebagainya.