vektor

Membuat Vektor Karakter Sederhana Dengan Adobe Illustrator

Assalamu’alaikum. Oke teman – teman sekolahdesain.com kali ini saya ingin berbagi sedikit tutorial membuat vektor karakter sederhana dengan Adobe Illustrator. Oke langsung disimak.

  1. Pertama kita membuat kotak dulu seperti gambar dibawah ini. Tinggal cari saja tool rectangle tool kemudian bentuk kotak dan warnai.

  1. Lalu kita buat rambutnya menggunakan pen tool seperti gambar dibawah ini lalu diwarnain.

  1. Kita buat wajah seperti gambar dibawah ini.
  • Mata : Kita buat dengan Rounded Rectangle Tool, membuatnya cukup 1 saja dan yang satunya tinggal di copy paste saja. Untuk copy bisa dengan CTRL + C dan paste dengan CTRL + P. Bisa juga tekan Alt lalu arahkan mouse kita ke objek yang akan di copas. Jika sudah muncul semacam dua segitiga tinggal ditarik saja, nanti otomatis objek akan menjadi 2. Kemudian pasang sesuai tempatnya.
  • ALIS, MULUT : Membuatnya dengan Pen Tool lalu dilengkungkan dengan Direction Selection Tool, bisa dilengkungkan / dibentuk sesuka kita
  • Bulu Mata : Buat garis dengan Pen Tool, tinggal copy paste dan dimiringkan.

  1. Kemudian buat objek seperti bayangan agar terlihat flat, menggunakan pen tool dan sesuaikanlah.

  1. Buat bajunya dengan menggunakan Rectangle Tool, buat satu saja lalu copy paste. Tumpuk keduanya, yang atas hijau vintage dan yang bawah hujau agak kekuningan. nah agar yang bagian bawah melengkung gunakan Direction Selection Tool, tarik kebawah. Sehingga melengkung

  1. Copy Paste baju yang atas, lalu warnai dengan hijau yang lebih gelap, arahkan ke paling bawah dengan Klik Kanan – Arange – Send To Back. Lalu agak ke atasin agar kelihatan.

  1. Copy Paste bajunya buat dua, lalu dipotong dengan menggunakan Pathfinder (Klik Window – Pathfinder). Pilih Minus Front, nanti otomastis akan terpotong, lalu beri warna dan arahkan kesbelah kiri baju agar terlihat seperti ada bayangan.

  1. Buat kaki dan celananya dengan menggunakan Rectangle Tool. Buatnya di gepengin, cukup buat masing – masing 1 lalu Copy Pate. Sesuaikan tempatnya.

  1. Buat sepatunya menggunakan Pen Tool. Buat pola seperti sepatu, cukup 1 saja nanti bisa Copas. Nah, agar yang satu bisa kebalik tinggal di Mirrorkan dengan klik Object – Transform – Reflect – Vertical – Copy. Otomatis nanti jadi terbalik sepatunya.

  1. Buat lengan kaos dan tangannya dengan Rectangle Tool.
  • Lengan Kaos : Pertama buat kotak Vertikal jangan terlalu panjang. Nah, agar terlihat yang atas lebih lebih kecil dan ada lengkungannya, klik Effect – Warp – Arc – Pilih yang Horizontal (Jangan lupa centang PREVIEW). Lalu dikolom itu dibagian bawah ada Horizontal dan Vertikal. Yang Horizontal dikurangin agar terlihat ada bagian yang mengecil dan melengkung seperti gambar dibawah ini. Sedangan yang Vertical biarkan saja, lalu klik OK.
  • Tangan : sama seperti lengan kaos tadi. Kita buat kotak dulu dengan Rectangle Tool, tapi buat agak panjang.
  • Jika sudah diberi warna, tingal satukan dan letakkan sesuai posisi. Untuk membuat yang satunya juga sama langkahnya.

  1. Terakhir tinggal buat barbelnya. Sebenarnya mudah, kita menggunakan Rectangle Tool saja. Buat yang panjang kesamping, buat juga yang kotak agak panjang dan lebar kebawah. Semuanya disesuaikan dengan ukuran masing – masing. Untuk membuat yang satunya, kita tinggal Copas saja, lalu tempatkan pada tangan yang satunya. Mudah Bukan ? dan hasilnya seperti gambar yang dibawah ini.

Oke terimakasih. Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum wr.wb.

2 thoughts on “Membuat Vektor Karakter Sederhana Dengan Adobe Illustrator

Comments are closed.