perbedaan aplikasi desain

Apa sih bedanya aplikasi canggih Adobe photosop,inDesign dan Illustrator

Asalamu’alaikum…

bertemu kembali dengan anak purbalingga,kali saya akan membahas tentang perbedaan aplikasi yang di gunakan dalam desain grafis nih apa si bedanya kita sering pake tapi kita tidak tau apa bedanya ya gaa.. nah ni aku langsung jelasin

Anda bingung mau memilih perangkat lunak pengolah grafis canggih dari “Adobe” yang tepat untuk pekerjaan anda? Adobe Creative Suite adalah kumpulan aplikasi  (meskipun mahal) … menakjubkan.  Paket kreatif ini terdiri dari lebih dari selusin perangkat lunak yang berbeda yang masing-masing memiliki fungsi yang unik, tujuan, kekuatan, dan bahkan kesalahan. Untuk web dan kebutuhan desain grafis, terdapat tiga perangkat lunak yang sangat relevan. Anda dapat menggunakan Photoshop, Illustrator, dan InDesign setiap hari, tetapi untuk alasan yang berbeda. Perlu untuk mengetahui perbedaan antara ketiga buah perangkat lunak Adobe? Ingin tahu apa yang akan digunakan masing-masing untuk? Baca terus!

Adobe Photoshop
Photoshop adalah aplikasi yang hebat, namun orang sering menggunakannya untuk pekerjaan yang kurang tepat. Photoshop adalah perangkat lunak berbasis raster, yang berarti bekerja pada tingkat berbasis piksel. Gambar yang dibangun menggunakan perangkat lunak berbasis raster dapat dengan mudah diubah. Photoshop sangat ideal untuk mengedit gambar atau foto, tetapi tidak ideal untuk gambar dengan teks, atau untuk merancang layout untuk web atau cetak.

Adobe Illustrator
Ilustrator adalah suatu perangkat lunak favorit dari semua produk untuk disain di luar sana. Anda dapat menghasilkan hampir semua jenis gambar atau file, jadi perangkat lunak ini dapat memproduksi semua grafis web, desain web, dan bahkan dokumen. Ilustrator adalah berbeda dari Photoshop dalam hal itu adalah perangkat lunak berbasis vektor, yang berarti bukan bekerja pada tingkat piksel, ia bekerja menggunakan baris. Anda dapat memperbesar dan keluar sebanyak yang Anda inginkan dari apa pun yang Anda buat di Illustrator, dan tidak akan kehilangan detail. Meskipun  output yang anda buat dapat dibuat menjadi  berbasis raster seperti jpg,  dan berakhir dengan beberapa pikselasi, tapi kalau di- “Resize” dalam Illustrator, anda tidak akan kehilangan detail yang jika  dikerjakan di Photoshop  gambar anda pasti akan distorsi. Jadi semua ini merupakan kelebihan Illustrator  dalam menghasilkan grafis web, dokumen, dan desain halaman penuh, tapi tidak begitu cocok untuk bekerja dengan foto.

Adobe InDesign
InDesign adalah yang paling umum digunakan untuk layout buku yang kompleks. Banyak penerbitan terkemuka menggunakannya untuk tata letak  buku terbitannya. Selain itu dapat juga digunakan untuk membuat presentasi dalam bentuk pdf. Banyak desainer lebih memilih PDF dibanding jenis dokumen lain seperti dokumen Word atau presentasi Powerpoint karena akan tampil lebih profesional.

InDesign adalah program berbasis vektor seperti Illustrator, dan memiliki banyak kemampuan yang sama, tetapi lebih fokus pada rancangan sekaligus beberapa halaman dan/atau halaman master. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat tampilan master untuk presentasi Anda atau buku (logo  di sudut kanan bawah, nomor halaman dll) selain itu perangkat ini juga dapat menyesuaikan setiap halaman.  InDesign tidak lebih dari Illustrator untuk disain secara detil, kecuali untuk membuat buku dan suatu presentasi. Untuk keleluasaan pekerjaan membuat ilustrasi secara individual  beberapa fungsi dari Illustrator tidak terdapat pada InDesign.perbedaan.ttps://staff.blog.ui.ac.id

Mudah-mudahan apa yang diuraikan di atas dapat membuat sedikit pencerahan, minimal tidak terlalu salah dalam memilih perangkat lunak yang pas sesuai dengan tujuan pekerjaan anda.