kelebihan dan kekurangan indesign

Kelebihan dan Kekurangan Adobe Indesign

Asalamu’alaikum.. kembali lagi bercuma lagi dengan anak purbalingga. kali saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dalam aplikasi Adobe indesign

Sekarang ini sangat mudah bagi seorang desainer untuk berkreasi karena sudah didukung dengan berbagai macam software yang bisa digunakan untuk membuat karya-karya visual yang menarik dan menjual. Salah satunya adala Adobe Indesign yang merupakan software buatan Adobe System yang banyak digunakan oleh desainer untuk membuat poster, brosur, bahkan majalan dan buku. Di Indonesia sendiri Adobe Indesign banyak digunakan untuk membuat layout koran dan majalah.

Adobe Indesign bisa Anda gunakan di OS Windows ataupun Apple dengan versi yang paling stabil adalah CS4 yang dirilis pada tanggal 23 Juni 2009 lalu. Beda dengan Adobe Photoshop yang lebih fokus dalam editing sebuah gambar, untuk Adobe Indesign ini merupakan regenerasi dari Pagemaker yang memiliki beberapa kelebihan untuk membuat sebuah layout media cetak. Berikut adalah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Adobe Indesign untuk membuat layout media cetak

Dari segi pengoperasiannya, Adobe Indesign memiliki cara menggunakan yang lebih baik dan mudah dibandingkan dengan software yang serupa. Bahkan bagi para desainer yang masih baru menggunakan software ini bisaberadaptasi dengan mudah karena selain banyak tutorialnya, juga toolsnya mudah untuk digunakan. Salah satu kelebihan dari tools yang terdapat pada Adobe Indesign ini adalah ia memiliki beberapa editing gambar yang bisa memberikan efek sama seperti yang dimiliki oleh Adobe Photoshop misalnya shadow, bevel, glow, dan lain sebagainya.

Selain punya kemampuan untuk editing gambar hampir sama dengan Photoshop, kelebihan lain dari Adobe Indesign ini adalah sebagai berikut:

  1. Punya tools untuk membuat gambar menjadi blur sehingga berguna untuk censorship atau efek artistik yang lain.
  2. Dapat melakukan import dan membuat gambar menjadi transparan dengan sempurna.
  3. Anda yang tidak puas dengan logo atau gambar yang sudah jadi bisa diulang kembali dan menghasilkan desain yang lebih memuaskan dari sebelumnya dengan perintah undo atau ctrl+z yang lebih dari sekali.
  4. Ada fasilitas untuk membuat tabel.
  5. Mampu untuk membuka file pmd.
  6. Mudah sekali untuk meng-convert gambar menjadi format .pdf yang bisa dicetak atau dikunci sebagai pengamanan dokumen.

Kekurangan Adobe Indesign sebagai media layouter

Meski diklaim sebagai software terbaik untuk mendesain majalah, koran, dan media cetak lainnya, Adobe Indesign masih memiliki beberapa kelemahan terutama apabila dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Pagemaker. Berikut adalah beberapa kelemahan tersebut:

  1. Dari segi math type, untuk Pagemaker masih mudah memindahkan math type ke Pagemaker. Sedangkan di Adobe Indesign Anda harus menempatkannya di luar area kerja, lalu di-copy, dan di-paste di area kerja kembali. Ketika dilakukan pengeditan pun lebih sulit dilakukan.
  2. Jika Anda memilih format teks rata kanan kiri atau justify, seringkali jarak antar teks terlihat tidak natural baik itu terlalu jauh atau terlalu dekat sehingga membutuhkan sedikit usaha untuk menyeimbangkannya.
  3. Hanya bisa digunakan untuk membuat layout atau format master untuk majalah atau buku. Sehingga apabila Anda ingin desain yang lebih detail dan rinci, Adobe Indesign tidak memiliki tools yang memadai. Untuk mendesain sebuah logo atau simbol yang lebih rinci dan leluasa Anda bisa menggunakan Adobe Illustrator.

Adobe indesign merupakan salah satu materi dan software yang di pakai dalam kursus design grafis mataweb. Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Adobe Indesign yang lebih banyak digunakan oleh penerbit buku untuk membuat layout atau digunakan untuk membuat presentasi dalam bentuk format .pdf. Adobe Indesign memang lebih mudah digunakan untuk mengatur layout media cetak karena toolsnya memang didesain untuk itu. Namun jika Anda mencari software yang bisa digunakan untuk membuat desain grafis dengan lebih leluasa dan detail maka Adobe Indesign tidak cocok untuk Anda.http://www.matawebsite.com

sekian terimakasih semoga bermanfaat yaa sering kunjungi web sekolahdesain yaa okk..