Cara mencampur warana

4 Cara untuk mencampur warna

Saat mencampurkan warna-warna dasar dan membuat warna ungu, hijau, dan jingga yang kita sukai, cara Anda melakukannya bergantung pada banyak hal. Pertanyaannya adalah, apakah Anda mencampurkan pigmen atau cahaya? Kami akan menunjukkan cara menggunakan masing-masing media dan memberikan Anda panduan untuk mencampurkan semua warna pelangi!

1

Mencampur Cat — Subtraktif

Red

Magenta

Yellow

Cyan

Blue

Black

White

  1. 1

    Susun warna cat yang ditunjukkan di atas. Anda bisa menggunakan cat apa saja — bahkan cat rumah — tetapi beberapa tabung cat minyak atau mungkin cat akrilik akan lebih efektif digunakan (dan paling tidak tidak akan terlalu berantakan) untuk melakukan latihan ini. Mari mulai dengan melihat apa yang terjadi saat kita mencampur 2 warna menjadi satu — merah dan biru.

    • Perhatikan: Anda bisa membuat warna hitam dengan mencampurkan warna yang ada, tetapi terkecuali Anda ingin membuat perbandingan campuran yang tepat, menghasilkan warna hitam yang sama dua kali akan sulit dilakukan. Simpan warna Anda dan gunakan warna hitam untuk warna hitam, atau mempergelap warna lainnya jika mau.
    • Lihat bagian ‘Tips Selanjutnya’ di bawah ini, untuk bantuan memilih cat magenta dan sian yang terbaik.
  2. 2

    Campurkan warna merah dan biru menjadi satu. Semua orang tahu bahwa merah dan biru akan menghasilkan warna ungu, bukan? Walaupun benar begitu, tetapi warna ungu yang diperoleh bukanlah warna ungu yang cerah. Tetapi akan menghasilkan warna yang seperti ini:

    Gambar berjudul Dull purple.png
    • Warna ini tidak terlalu membuat Anda takjub, bukan? Hal ini karena warna merah dan biru adalah warna sekunder — yang merupakan campuran warna primer, di mana masing-masingnya menyerap lebih banyak dan memantulkan lebih sedikit spektrum warna, sehingga memberikan Anda warna ungu yang gelap dan keruh, bukannya warna yang cerah dan mencolok.
  3. 3

    Campurkan magenta dengan sedikit sian, dan Anda akan melihat perbedaannya. Anda akan mendapatkan sesuatu seperti ini:

    Gambar berjudul Purple 1.png
    • Anda bisa mengetahui sekarang caranya menggunakan warna primer yang sebenarnya —magenta dan sian— yang menghasilkan warna yang lebih cerah dan mencolok. Jika Anda ingin warna ungu yang lebih jelas, berikan warna biru lebih banyak lagi. Warna ungu yang lebih gelap, tambahkan warna hitam. Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih jelas tentang hal ini, bacalah Cara Menentukan Warna Primer yang Benar.
  4. 4

    Campurkan pigmen untuk membuat warna primer dan sekunder. Ada tiga warna primer, yaitu sian, magenta, dan kuning. Ada juga tiga warna sekunder, yang dibuat dengan mencampurkan dua warna primer menjadi satu:

    • Sian + kuning = hijau
    • Sian + magenta = biru
    • Magenta + kuning = merah
    • Sian + magenta + kuning = hitam
    • Dengan pencampuran warna subtraktif, adanya semua warna akan menghasilkan warna hitam.
  5. 5

    Lihat di bawah. Bagian Mencampurkan Warna Cat di bawah ini akan memberikan panduan yang lebih lengkap dalam mencampurkan beragam warna juga warna yang cerah, gelap, dan keabu-abuan. Dalam bagian Tips, kami memberikan daftar warna dan campuran yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan warna tersebut di palet Anda.

2

Mencampurkan Cahaya — Warna Aditif

  1. 1

    Perhatikan layar komputer Anda. Perhatikan bagian yang putih di halaman ini, dan dekatkanlah. Jika Anda memiliki kaca pembesar, akan lebih baik lagi. Apa yang Anda lihat dari dekat ke layar Anda bukanlah warna putih, tetapi bintik-bintik merah, hijau, dan biru. Tidak seperti pigmen, yang dihasilkan dengan menyerap warna, cahaya bersifat aditif dan dihasilkan dengan mencampurkan cahaya. Layar film dan elektronik, baik televisi plasma 60 inci Anda, atau layar retina 3,5 inci iPhone Anda, semuanya bekerja menggunakan pencampuran warna aditif.
  2. 2

    Mencampurkan cahaya untuk menciptakan warna primer dan sekunder. Sama seperti warna subtraktif, ada tiga warna primer dan tiga warna sekunder, yang dibuat dengan mencampurkan warna primer menjadi satu. Hasilnya mungkin akan mengejutkan Anda:

    • Mencampurkan merah + biru = magenta
    • Mencampurkan biru + hijau = sian
    • Mencampurkan hijau + red = kuning
    • Dengan pencampuran warna aditif, adanya semua warna akan menghasilkan warna putih.
    • Perhatikan bahwa warna aditif sama dengan warna subtraktif, serta sebaliknya. Bagaimana mungkin? Bayangkan warna subtraktif bekerja dengan proses pencampuran: beberapa warna diserap dan apa yang tampak adalah pantulan cahaya yang tersisa. Warna yang terpantul adalah warna cahaya yang tersisa setelah semua warna lainnya diserap.

3

Teori Warna yang Lebih Lengkap

  1. 1

    Sifat Subjektif Persepsi Warna. Bagaimana manusia melihat warna, dan bagaimana kita menjelasskannya, adalah hal yang subjektif sekaligus objektif. Walaupun ilmu pengetahuan bisa menjelaskan dan mengukur warna hingga ke satuan nanometer, apa yang mata kita lihat adalah campuran yang rumit bukan warnanya saja, tetapi juga kejenuhan dan kecerahan warna juga. Hal ini juga semakin mempersulit bagaimana kita menangkap warna yang sama pada latar belakang yang berbeda.

    • Perhatikan contoh sederhana ini untuk menggambarkan persepsi warna:
      Gambar berjudul Colorbars_perception.png
    • Apakah Anda melihat hijau kebiruan, biru, kuning lembut, dan hijau cerah?
    • Sekarang perhatikan warna sebenarnya. Hanya ada 3:
      Gambar berjudul 540
    • Apa yang kita lihat bergantung pada tempat kita melihat warna yang sebenarnya. Untuk membuatnya semakin menarik, tambahkan fakta bahwa setiap orang melihat warna secara berbeda dengan orang lain dalam tingkat tertentu. Persepsi warna beberapa orang sangat berbeda, hingga kita menyebutnya dengan istilah “buta warna” walaupun sebenarnya kondisi ini hanyalah ketidakseimbangan persepsi warna.
  2. 2

    Warna, Kejenuhan, dan Kecerahan, adalah tiga dimensi warna. Setiap warna bisa dikatakan memiliki tiga dimensi ini: warna, kejenuhan, dan kecerahan.

    • Warna berarti posisi warna di dalam roda warna, merah, jingga, kuning, dan sebagainya, ditambah semua warna antara seperti merah – jingga, dan jingga – kuning. Beberapa contohnya: warna merah mudah adalah magenta atau merah (atau sesuatu di antaranya). Warna cokelat adalah jingga, karena cokelat adalah jingga gelap.
    • Kejenuhan adalah apa yang membuat warna menjadi cerah dan kaya, seperti pelangi atau roda warna. Warna pucat (tint), warna gelap (shade), dan warna yang teredam (tone) merupakan warna dengan kejenuhan rendah.
    • Kecerahan menandakan seberapa dekat warna dengan warna putih atau hitam. Jika Anda mengambil foto hitam putih, dimensi ini akan menentukan mana yang lebih cerah atau gelap.
      • Sebagai contoh, kuning cerah adalah warna yang relatif cerah. Kecerahannya bisa ditingkatkan lagi dengan menambahkan warna putih untuk menciptakan warna kuning pucat.
      • Biru cerah adalah warna yang gelap secara alami, memiliki skala kecerahan yang rendah, tetapi biru gelap memiliki skala yang lebih rendah lagi.

4

Mencampur Warna Cat

  1. 1

    Ikuti panduan ini untuk mencampur warna apa saja. Magenta, kuning, dan sian (biru turquoise) adalah warna “subtraktif” utama, yang berarti warna ini dapat dicampurkan untuk menciptakan semua warna lain, tetapi tidak bisa dihasilkan dari campuran warna lain. Warna subtraktif primer digunakan saat mencampurkan pigmen, seperti tinta, pewarna, dan cat.

    • Campuran warna magenta dan kuning menghasilkan warna merah dan jingga.
    • Campuran warna kuning dan sian menghasilkan warna hijau.
    • Campuran warna sian dan magenta menghasilkan biru dan ungu.
  2. 2

    Warna cerah: Jika Anda menyusun roda warna sebagai segitiga, dengan magenta, kuning, dan sian di ketiga sudutnya, maka untuk membuat warna cerah, cukup campurkan warna apapun di salah satu sisi segitiga.

    • Sebagai contohnya, Anda bisa mencampur warna magenta dengan jingga atau kuning untuk membuat warna merah, campurkan merah dengan kuning untuk membuat jingga, atau campur jingga dengan merah untuk membuat jingga-merah. Tidak perlu membatasi diri dengan hanya menggunakan tiga warna primer, dan jika Anda ingin warna cerah, Anda bisa mendapatkannya dengan mencampurkan warna yang lebih dekat satu sama lain di dalam roda warna untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
    • This disappointing “purple” was made by mixing red and blue.

      Jika Anda mencampurkan warna dari dua sisi segitiga yang berbeda, misalnya biru dan merah, Anda tidak akan mendapatkan warna cerah. Biru dan merah yang dicampurkan akan menghasilkan warna ungu gelap.

  3. 3

    Buat warna dengan kejenuhan renda. Warna dengan kejenuhan rendah (warna yang tidak cerah) terbagi menjadi tiga golongan: tint (warna cerah), shade (warna gelap) dan tone (warna yang teredam dan kusam).

  4. 4

    Tint: Warna apa pun yang bisa dipercerah dengan menambahkan warna putih. Untuk warna cerah, sebaiknya Anda menambahkan warna utama Anda sedikit demi sedikit ke dalam warna putih sehingga Anda tidak membuang warna.

  5. 5

    Shade: Warna apa pun yang bisa dipergelap dengan menambahkan warna hitam. Beberapa seniman lebih suka menambahkan warna komplemen, yang merupakan warna yang berlawanan dengan suatu warna di dalam roda warna CMY/RGB. Sebagai contohnya, warna hijau dapat digunakan untuk mempergelap magenta, dan magenta untuk mempergelap warna hijau, karena posisinya saling berseberangan di dalam roda warna. Tambahkan warna hitam, atau warna komplemen sedikit demi sedikit, sehingga Anda tidak membuatnya terlalu gelap.

  6. 6

    Tone: Dengan menambahkan warna putih dan hitam (atau putih dan warna komplemen) sekaligus, Anda bisa meredam warna, membuatnya keabu-abuan, atau kusam. Dengan mengubah perbandingan jumlah warna hitam dan putih yang Anda tambahkan ke dalam campuran, Anda bisa mendapatkan tingkat kecerahan atau kejenuhan apa saja yang Anda inginkan. Misalnya: tambahkan warna putih dan hitam ke dalam warna kuning untuk menghasilkan warna hijau zaitun. Warna hitam akan mempergelap warna kuning, dan mengubahnya menjadi hijau zaitun, sementara warna putih akan mencerahkan warna hijau zaitung tersebut. Kecerahan hijau zaitun yang berbeda bisa dibuat dengan mengatur seberapa banyak masing-masing warna ditambahkan.

    • Untuk warna yang tidak jenuh seperti cokelat (jingga gelap), Anda bisa menyesuaikan warna dengan cara yang sama seperti untuk jingga cerah, dengan menambahkan warna yang dekat di dalam roda warna dalam jumlah sedikit: magenta, kuning, merah, atau jingga. Warna ini akan mencerahkan warna cokelat sekaligus mengubahnya. Tetapi karena cokelat bukanlah warna cerah, Anda juga bisa menggunakan warna dari sisi lain segitiga seperti hijau atau biru, yang akan mempergelap warna cokelat sekaligus mengubahnya.
  7. 7

    Buat warna hitam. Warna hitam bisa dibuat dengan mencampurkan dua komponen, tetapi juga bisa dibuat dari tiga atau lebih warna dengan jarak yang sama di sekitar roda warna. Hanya saja pastikan untuk tidak menambahkan warna putih atau warna apa pun yang mengandung warna putih di dalamnya, terkecuali jika Anda ingin membuat gradasi warna abu-abu. Jika warna hitam yang Anda buat terlalu condong ke arah warna tertentu, netralkan dengan menambahkan sedikit warna sebaliknya.

  8. 8

    Jangan coba buat warna putih. Warna putih tidak bisa dibuat dari campuran cat lainnya. Sama seperti tiga warna primer — magenta, kuning, dan sian — Anda harus membeli warna putih, terkecuali jika Anda bekerja dengan media seperti cat air di mana kertas Anda sudah memberikan warna putih yang Anda butuhkan.

  9. 9

    Rencanakan strategi Anda. Pertimbangkan tentang warna, kecerahan, dan kejenuhan warna yang Anda punya dan warna yang ingin Anda buat, dan buatlah penyesuaian yang diperlukan.

    • Sebagai contohnya, warna hijau bisa diubah condong ke sian atau kuning, yang merupakan warna di sebelahnya pada roda warna. Warna ini bisa dibuat lebih cerah dengan menambahkan warna putih. Atau bisa dibuat lebih gelap dengan menambahkan warna hitam atau hijau komplemennya, yang akan menjadi ungu, magenta, atau merah, bergantung pada warna hijaunya. Anda bisa membuatnya lebih kusam dengan menambahkan hitam dan putih sekaligus, atau Anda bisa membuat hijau tidak jenuh sedikit lebih cerah dengan menambahkan hijau (cerah).
    • Berikut ini adalah contoh lainnya. Anda telah mencampurkan merah dan putih untuk membuat merah muda, tetapi warna Anda terlalu cerah dan terlalu hangat (kekuningan). Untuk memperbaiki warna kekuningan, Anda perlu menambahkan warna magenta. Untuk membuat warna merah muda Anda menjadi kusam, Anda perlu menambahkan putih, warna komplemennya (atau hitam), atau keduanya. Anda perlu menentukan apakah Anda ingin warna merah muda yang lebih gelap (tambahkan hanya warna komplemennya), merah muda keabu-abuan (tambahkan warna putih dan komplemennya sekaligus), atau hanya warna merah muda yang lebih cerah (tambahkan warna putih saja). Jika Anda merencanakan untuk mengubah warna dengan magenta dan membuat warna merah muda Anda menjadi kusam dengan hijau atau sian (warna komplemen dari magenta dan merah), Anda bisa mencoba menggabungkan langkah tersebut dengan menggunakan warna di antara magenta dan sian, seperti biru.
  10. 10

    Campurkan warna Anda, dan mulailah menciptakan karya Anda! Jika semuanya terdengar sulit, Anda mungkin hanya perlu berlatih. Membuat buku panduan bisa menjadi cara yang tepat untuk berlatih menggunakan prinsip teori warna. Bahkan mencetak satu buku panduan di komputer Anda bisa memberikan Anda sumber yang membantu Anda hingga Anda semakin mahir dan mulai bisa melakukannya berdasarkan intuisi. Lihat Cara Membuat Buku Referensi Warna.

Tips

Contoh dan Resep Warna

  • Tentukan warna yang Anda inginkan dan ikuti petunjuk di bawah ini. Setiap keping warna mewakili beragam kemungkinan, dan Anda bisa mengubah jumlah cat yang Anda gunakan untuk mendapatkan warna yang tepat sesuai yang Anda inginkan. Sebagai contohnya, semua warna cerah bisa dibuat semakin cerah atau gelap dengan menambahkan warna putih lebih banyak atau sedikit. Warna komplemen adalah warna yang letaknya saling berlawanan di dalam roda warna RGB/CMY, 1:1 = warna Hitam.

Magenta

Light Magenta

Dark Magenta

Dull Magenta

  • Magenta: Magenta tidak dapat dibuat dari campuran warna lain. Anda harus membelinya.
    • Magenta cerah: Tambahkan warna putih ke dalam warna magenta.
    • Magenta gelap: Tambahkan sedikit warna hitam (atau hijau) ke dalam warna magenta. Hijau dan magenta adalah warna komplemen.
    • Magenta kusam: Tambahkan warna putih dan hitam (atau hijau) ke dalam warna magenta.

Red

Light Red

Dark Red

Dull Red

  • Merah: Tambahkan sedikit warna kuning atau jingga ke dalam warna magenta.
    • Merah cerah (salmon, merah muda, koral): Tambahkan warna putih ke dalam warna merah. Gunakan warna putih lebih sedikit dan merah lebih banyak untuk membuat warna koral.
    • Merah gelap: Tambahkan sedikit warna hitam (atau sian) ke dalam warna merah. Warna sian dan merah adalah warna komplemen.
    • Merah kusam: Tambahkan warna putih dan hitam (atau sian) ke dalam warna merah.

Orange

Light Orange

Dark Orange

Dull Orange

  • Jingga: Campurkan warna kuning dengan magenta atau merah.
    • Jingga cerah (peach): Tambahkan warna putih ke dalam warna jingga.
    • Jingga gelap (cokelat): Tambahkan sedikit warna hitam (atau biru) ke dalam warna jingga. (Atau campurkan meah dan hijau.) Biru dan jingga adalah warna komplemen.
    • Jingga kusam (cokelat cerah): Tambahkan putih dan hitam (atau biru) ke dalam warna jingga.

Yellow

Light Yellow

Dark Yellow

Dull Yellow

  • Kuning: Kuning tidak bisa dibuat dari campuran warna lain. Anda harus membelinya.
    • Kuning cerah: Tambahkan warna putih ke dalam warna kuning.
    • Kuning gelap: Tambahkan warna cokelat ke dalam warna kuning, warna cokelat yang benar adalah warna kuning gelap. Warna biru-violet adalah komplemen warna kuning. Warna biru dan cokelat dicampur ke warna hitam.
    • Kuning kusam: Tambahkan warna putih dan cokelat ke dalam warna kuning.
    • Kuning gelap kecokelatan di kristal dan alam liar.

Lime Green

Light Lime

Dark Lime

Dull Lime

  • Hijau limau: Tambahkan sedikit warna hijau atau sian ke dalam warna kuning.
    • Limau cerah: Tambahkan warna putih ke dalam warna hijau limau.
    • Limau gelap: Tambahkan sedikit warna hitam (atau ungu) ke dalam warna hijau limau. Ungu adalah warna komplemen hijau limau.
    • Limau kusam: Tambahkan warna putih dan hitam (atau ungu) sekaligus ke dalam warna hijau limau.

Green

Light Green

Dark Green

Gray-Green

  • Hijau: Campurkan sian dan kuning.
    • Hijau cerah: Tambahkan warna putih ke dalam warna hijau.
    • Hijau gelap: Tambahkan sedikit warna hitam (atau magenta) ke dalam warna hijau. Magenta adalah komplemen warna hijau.
    • Hijau keabu-abuan: Tambahkan warna putih dan hitam (atau magenta) sekaligus ke dalam warna hijau.

Teal Green

Light Teal

Dark Teal

Gray-Teal

  • Biru kehijauan: Campurkan sian dengan sedikit kuning atau hijau.
    • Biru kehijauan cerah: Tambahkan putih ke warna biru kehijauan.
    • Biru kehijauan gelap: Tambahkan sedikit warna hitam (atau magenta-merah) ke warna biru kehijauan. Magenta-merah adalah warna komplemen biru kehijauan.
    • Biru kehijauan kusam: Tambahkan warna putih dan hitam sekaligus (atau magenta merah) ke dalam biru kehijauan.

Cyan

Light Cyan

Dark Cyan

Gray-Cyan

  • Sian (biru turquoise): Sian tidak dapat dicampurkan dari warna lainnya. Anda harus membelinya.
    • Sian cerah: Tambahkan warna putih ke dalam warna sian.
    • Sian gelap: Tambahkan sedikit warna hitam (atau merah) ke dalam sian. Merah adalah komplemen warna sian.
    • Sian keabu-abuan: Tambahkan warna putih dan hitam (atau merah) sekaligus ke dalam warna sian.

Blue

Light Blue

Dark Blue

Gray-Blue

  • Biru: Tambahkan sedikit warna ungu atau magenta ke dalam warna sian.
    • Biru cerah: Tambahkan warna putih ke dalam warna biru.
    • Biru gelap: Tambahkan sedikit warna hitam (atau kuning gelap, cokelat) ke dalam warna biru. Kuning adalah komplemen warna biru.
    • Biru keabu-abuan: Tambahkan warna putih dan hitam (atau cokelat) sekaligus ke dalam warna biru.

Violet-Blue

Light Violet-Blue

Dark Violet-Blue

Grayish Violet-Blue

  • Biru violet: Campurkan magenta dengan warna sian atau biru.
    • Violet-biru cerah (Lavender): Tambahkan warna putih ke dalam warna violet-biru.
    • Violet-biru gelap: Tambahkan sedikit warna hitam (atau warna transparan kuning-hijau) ke dalam warna violet-biru. Warna transparan kuning-hijau adalah komplemen warna violet.
    • Biru-violet keabu-abuan: Tambahkan warna putih dan hitam (atau warna transparan kuning-hijau) ke warna violet-biru.

Purple

Light Purple

Dark Purple

Dull Purple

  • Ungu: Campurkan magenta dengan sedikit sian atau biru.
    • Ungu cerah: Tambahkan warna putih ke dalam warna ungu.
    • Ungu gelap: Tambahkan sedikit warna hitam(atau hijau limau) ke dalam warna ungu. Hijau limau adalah komplemen warna ungu.
    • Ungu kusam: Tambahkan warna putih dan hitam (atau hijau limau) ke dalam warna ungu.
  • Hitam: Anda bisa membuat warna hitam dengan mencampurkan dua warna komplemen apa pun atau tidak warna yang berjarak sama di dalam roda warna CMY/RGB, seperti merah, hijau, dan biru. Jika Anda mendapatkan warna gelap, dan bukan hitam, perbaiki dengan menambahkan komplemen warna tersebut.
  • Putih: Warna putih tidak bisa dibuat dari campuran warna. Anda perlu membelinya. Untuk warna putih yang lebih hangat (seperti krem), tambahkan sedikit warna kuning. Untuk warna putih yang lebih dingin, tambahkan sedikit warna sian.
  • Abu-abu: Warna abu-abu diperoleh dari campuran warna hitam dan putih.

Tips Selanjutnya

  • Saat mencampurkan cat, tambahkan sedikit untuk menyesuaikan warnanya. Anda bisa menambahkan lebih banyak lagi. Cara ini sangat tepat khususnya untuk warna hitam dan biru, yang cenderung mendominasi warna. Tambahkan sedikit demi sedikit hingga Anda mendapatkan warna yang Anda inginkan.
  • Anda bisa menggunakan mata Anda untuk mencari warna komplemen. Cara ini adalah trik lama di mana Anda memandang permukaan putih dalam waktu lama. Anda akan melihat warna komplemennya muncul akibat “kelelahan” mata Anda.
  • Mencari warna primer yang baik untuk dibeli mungkin sulit. Carilah magenta yang tidak mengandung pigmen putih atau biru sama sekali (PW dan PB). Pigmen violet dan merah seperti PV19 dan PR122 adalah pigmen yang terbaik. PB15:3 adalah warna sian yang baik. PB15 dan PG7 adalah pilihan yang bagus lainnya. JIka Anda mencari cat hiasan atau warna pelapis, Anda bisa mencoba mencocokkan warna dalam tinta printer. Cetak contoh dari komputer Anda atau bawalah tinta ini saat Anda berbelanja car, atau carilah warna primer di dalam lipatan kotak sereal atau kue kering.

Hal yang Anda Butuhkan

  • Palet — palet kertas sekali pakai sangat cocok digunakan.
  • Pisau unuk menyampur atau pisau palet (ukuran apa pun bisa Anda gunakan).
  • Kertas cat air atau kanvas prima (ada bantalan yang tersedia dari keduanya di toko kesenian sekitar Anda, tetapi kanvas prima adalah pilihan yang bagus).
  • Wadah air atau pembersih cat untuk membersihkan kuas.
  • Kuas sintetis pilihan Anda (kuas bulat #8 atau kuas rata #6 adalah pilihan yang tepat)
  • Botol semprot untuk menjaga kelembapan cat berbasis air.
  • Tisu untuk menotolkan warna dan sikat pembersih.
  • Roda warna — Cara Membuat Roda Warna
  • Cat
  • Baju pelindung atau kaus lama yang tidak masalah jika kotor.
  • Sarung tangan