typografi

Poster tipografi yang bagus menjelaskan disleksia

Sydney, organisasi koreksi disleksia berbasis di Australia Sydlexia telah menggabungkan tipografi dan tata letak poster yang cerdik untuk menciptakan selembar desain yang menghilangkan beberapa kebingungan seputar perbedaan pembelajaran. Dibuat dalam kemitraan dengan spesialis merek dan komunikasi BBDO Dubai, kampanye branding ini bertujuan untuk menantang kesalahpahaman yang terkait dengan disleksia. Alih-alih mengobati disleksia sebagai cacat, Sydlexia ingin mengalihkan pembicaraan agar memperlakukannya sebagai perbedaan belajar. Dan dengan karya seni inovatif ini, ia berharap dapat menarik perhatian beragam orang.
Kampanye tersebut berasal dari gagasan bahwa orang-orang dengan disleksia sering melaporkan bahwa mereka menemukan kata-kata tertulis untuk muncul dipecah dan ditata ulang. BBDO berjalan dengan sudut ini dengan menerjemahkannya ke dalam desain visual untuk poster berdasarkan tipografi yang retak. Kata-kata seperti ‘anjing’ atau ‘rubah’ sengaja diiris dan campur aduk untuk mengkomunikasikan bagaimana penderita disleksia melihat huruf di halaman. Saat melihat poster, kebanyakan orang akan berjuang untuk mengumpulkan kata-kata itu, tapi begitu dilipat bersamaan dengan benda-benda origami, kata-kata menjadi sangat jelas. Perhatikan bagaimana desain cerdas terbentuk dalam video di bawah ini.
Poster, yang digunakan sebagai iklan koran dan dipajang di papan reklame, begitu pula online, berfungsi ganda sebagai alat belajar interaktif. “Setelah dilipat dengan benar mereka membantu menempa koneksi kata ke objek yang dilambangkannya dalam pikiran disleksia,” kata BBDO Dubai.
Dengan 1 dari 10 orang di seluruh dunia yang didiagnosis menderita disleksia, kampanye ini berjalan menuju prakonsepsi yang menantang tentang perbedaan pembelajaran. Topping off the campaign adalah logo optimis yang menghubungkan nama Sydlexia dan tulisan bertebaran di seluruh identitas: menghubungkan bersama d dan s di Sydlexia adalah ikon senyum yang memberi wajah positif pada disleksia.http://www.creativebloq.com