layout

Mengenal Prinsip Dasar Layout

Asalamu’alikum..

bertemu kembali dengan anak purbalingga yang selalu memberi ilmu kpada kalian bukanya aku sok tau atau sok ngajari,ini berdasarkan pengalaman saya dalam bidang desain grafis

Dalam dunia desain grafis, seorang desainer tentunya harus mengenal mengenai layout. layout merupakan penentu, apakah desain kita menarik atau justru berantakan. untuk itu, kita harus mengenal apa saja yang menjadi prinsip seorang desainer sebelum melayout. ini dia prinsip dasarnya :

KESEDERHANAAN

Berhubungan dengan daya tangkap setiap orang dalam menerima informasi. Setiap manusia pada dasarnya menginginkan kesederhanaan. Semakin mudah informasi diterima seseorang berarti kesederhanaannya akan semakin nampak. Alangkah lebih baiknya jika tidak terlalu menggunakan banyak kata-kata atau istilahnya basa basi.

SEQUENCE (Urutan)

Menyusun  bagian-bagian yang penting  dan mengurutkan mana yang seharusnya dibaca terlebih dahulu oleh seseorang, tujuannya agar manusia tidak kebingungan saat menerima informasi.

EMPASIS (Penekanan)

Lebih menekankan suatu urutan tertentu sesuai dengan sequence yang diinginkan. Untuk mengatur layout ada beberapa cara :

  • Ukurannyha harus lebih besar.
  • Warna yang kontras dengan background dan unsur yang lainnya. tujuannya agar desain yang kita buat enak untuk dipandang.
  • Peletakan posisi yang strategis.
  • Gunakan Bentuk dan style/gaya  yang berbeda

BALANCE (Keseimbangan)

Pembagian yang merata pada suatu bidang layout. Intinya kita bisa memenuhi setiap ruang kosong yang ada, sehingga terlihat tidak timpang/berat sebelah.

UNITY (Kesatuan)

Kesatuan, keserasian baik bentuk, warna dan unsur unsur pendukung yang lainnya.

PROPORSI

Kesesuaian antara ukuran halaman dengan isinya.

RITME

Disebut juga Aliran, kita harus mampu membuat para pembaca tidak merasa bosan dan jenuh terhadap karya yang kita buat.

Terimakasih semoga bermanfaat yaa