Dalam seni lukis memerlukan banyak peralatan salah satunya yaitu cat. Cat untuk melukis memiliki berbagai macam jenis. jika kalian ingin mennggeluti seni lukis, kalian harus tau jenis jenis cat warna itu, sebagai berikut :

1. Cat air
cat yang diencerkan menggunakan air. mengaplikasikan biasanya di atas kertas dengan teknik transparan. Cat air cepat mengering tetapi karena berbahan dasar air jadi kertas mudah robek.

2. Cat minyak
Cat yang berbasis minyak atau menggunakan bahan pengencer berupa minyak. Cat minyak biasanya digunakan oleh para profesional. Keuntungan cat minyak yaitu warna yang dihasilkan lebih tajam dan tahan lama. Cat minyak dengan Efek kilap yang dihasilkan juga memiliki keunikannya sendiri.

3. Cat akrilik
Cat ini sama seperti cat air yang berbahan dasar air tetapi cat akrilik teksturnya lebih pekat dan biasa di aplikasikan di kanvas, kayu, styrofoam.

4. Cat poster
Sama seperti cat air dan cat akrilik, untuk mengencerkan menggunakan air dan media aplikasi di atas kertas.

5. Cat tekstil
Cat tekstil biasa digunakan untuk di mediun kain atau tekstil. Cat ini cocok untuk membuat sepatu lukis, melukis kaos dan sebagainya.

6. Cat semprot Jenis ini biasa juga disebut dengan nama pylox yang biasa di aplikasikan di dinding atau biasa untuk mural dinding.