Hai teman-teman, kalian tahu tidak bahwa ternyata ada jenis-jenis desain grafis loh. Pengelompokan jenis-jenis desain grafis ini dilihat dari segi pekerjaannya. Karena ada banyak bidang dalam desain grafis. Dan jumlah jenis-jenis desain grafis ini ada 9 macam. Kira-kira apa saja ya? Yuk langsung saja kita baca artikel dibawah ini

1. Drafter

Drafter adalah seorang desainer grafis yang memfokuskan dirinya dalam membuat rancangan arsitektur dan juga rancangan bangun yang simetris. Drafter ini biasanya bekerja dalam bidang arsitektur dan indutri. Seorang drafter haruslah seseorang yang memiliki fokus yang kuat karena pekerjaannya ini menuntut ketelitian yang tinggi dan rancangan yang sesuai. Software yang dibutuhkan oleh drafter adalah Autocad, Archicad, 3d revit architecture.

2. Editor

Editor adalah seorang desainer grafis yang memfokuskan dirinya untuk membuat karya-karya desain grafis seperti cover buku, brosur, banner, kartu nama, pin, logo , dsb. Tipe desainer ini dibutuhkan dalam dunia periklanan atau publikasi. Software yang dibutuhkan untuk seorang editor adalah corel draw, adobe photoshop, illustrator, freehand.

3. Layouter

Layouter adalah seorang desainer grafis yang memfokuskan dirinya untuk pembuatan majalah, buku, korang dan alat publikasi lainnya. Layouter ini bertugas untuk mengatur tata letak tulisan agar enak untuk dilihat. Pekerjaan yang cocok untuk layouter ini adalah di percetakan buku, koran, majalah dsb.

4. Art Director

Art director adalah seorang desain grafis yang membuat karya seni nya di komputer baik untuk visual effect maupun sebagai hiasan saja. Misalnya adalah membuat gambar vektor, wpap, low poly, dll. Tidak sembarang orang bisa menjadi seorang art director. Hanya orang-orang yang memiliki kretifitas tinggi lah yang mampu menjadi seorang art director. Orang-orang seperti ini pantas untuk bekerja didunia perfilman, foo editing effect, dsb.

5. Fotografer

Fotografer adalah orang-orang yang lihai dalam memainkan kamera. Selain pandai memotret, seorang fotografer juga harus pandai dalam mengedit gambar-gambar hasil potretannya agar gambar terlihat lebih bagus dan lebih meyakinkan. Orang-orang seperti ini dibutuhkan didalam dunia fotografi, foto editor, wartawan, dll.

6. Animator

Animator adalah desainer grafis yang bergelut dibidang motion graphic, iklan atau animasi fantasi. Seorang animator haruslah orang yang memiliki pengetahuan yang tinggi dan imajinasi yang luas. Orang-orang seperti ini dibutuhkan didunia advertising, perfilman, pertelevisian, dll.

7. Visualisator

Visualisator adalah seorang desainer grafis yang khusus membuat gambaran dari sebuah produk yang akan dikeluarkan. Hasil gambar visualisasi ini haruslah terlihat real atau 3d. Orang-orang seperti ini dibutuhkan didunia visualisasi produk

8. Video Editor

Video editor adalah seorang desainer yang memfokuskan dirinya untuk vidio editing.  Namun tidak hanya video editing saja, editor video juga harus bisa menshoot video. Orang-orang seperti ini biasanya dibutuhkan didalam dunia perfilman dan industri musik.

9. Integrated Desainer

Integrated desainer adalah seorang desainer yang membutuhkan integrasi dan programmer misalnya pembuatan game, web, dsb. Orang-orang seperti ini haruslah seseorang yang mengerti IT karena dia bergelut dengan dunia online. Orang orang seperti ini dibutuhkan dalam industri informatika.