Dalam dunia percetakan, sebuah printer tidak akan menentukan hasil cetakan yang bagus, tetapi hasil cetakan itu bagus karena menggunakan berbagai macam jenis kertas. maka anda harus pandai dalam memilih jenis kertas yang mungkin menurut anda itu bagus. Disini saya akan membahas tentang beberapa jenis kertas yang seringkali digunakan dalam dunia percetakan.
1.  HVS

HVS merupakan kepanjangan dari bahasa belanda Houtvrij Schrijfpapier yang artinya kertas tulis bebas serat kayu. kertas ini tidak mudah berubah warna jika di letakkan di bawah sinar matahari karna kertas ini tidak mengandung perekat antar serat dalam pohon. jenis kertas HVS inilah yang paling sering di gunakan untuk fotocoppy  dan mencetak dokumen karna di kenal dengan strukturnya yang tidak terlalu halus. kertas HVS ini termasuk kertas yang berkualitas tinggi karena mempunyai beberapa ukuran, baik ukuran dimensi maupun ukuran berat. bahkan kertas ini juga di bagi dalam beberapa kategori, mulai dari ukuran A0 sampai A10 serta berat mulai dari 70 gram sampai 310 gram.

2.  Art Paper 

Art paper merupakan kertas yang seringkali di gunakan pada percetakan kalender, brosur, maupun poster karena jenis kertas ini memiliki bahan yang sulit untuk menyerap kotoran, tahan dengan kelembaban, serta dapat menimbulkan warna cetakan yang lebih tajam sehingga dapat menjadikan jenis kertas yang satu ini lebih mudah dalam mencetak gambar-gambar lebih detail yang tajam karena tintanya berada pada permukaan kertas. dan juga memiliki karakteristik berkilau dan bisa dtambahkan doff, glossy maupun UV sehingga tetap menampilkan kualitas bahan yang bagus. Berat kertas dari art paper ini biasanya mulai dari 85 gram sampai 150 gram.
3.  Fancy Paper

fancy paper merupakan jenis kertas yang memiliki karakteristik dan warna-warna yang unik. kertas ini lebih sering digunakan dalam pembuatan kartu undangan, kerajinan tangan, maupun scrapbook, yaitu seni menempel foto/gambar di kertas dengan perpaduan warna, motif, dan bentuk serta menghiasinya sehingga menjadi karya yang kreatif. Jenis kertas fancy paper ini harganya lebih mahal jika di bandingkan dengan kertas yang umum di gunakan. Biasanya, jenis kertas ini digunakan untuk kegiatan tertentu. Ukuran dari fancy paper ini adalah A4 dan A3, dengan tebal 180 gram sampai 230 gram.

 

4.  Glossy paper
jenis-kertas-uprint
Glossy paper itu merupakan kertas sejenis permukaan putih yang mengkilap sehingga cocok digunakan untuk mencetak foto. jenis kertas ini berlapis sangat halus dan mengkilap sehingga terlihat hidup dalam warna serta menghasilkan saturasi warna yang cerah. Tetapi permukaan foto tersebut cenderung mudah menempel pada kaca ketika di bingkai. hal ini dapat menempel jiplakan tangan ketika memegang foto tersebut jika kita tidak memakai sarung tangan. Secara umum kertas glossy itu merupakan pilihan yang baik untuk mencetak foto sehari-hari dan foto dengan warna-warna cerah.