Pembuatan Pin dan Gantungan Kunci semakin ramai diminati oleh banyak kalangan baik masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, sampai anak-anak dibawah umur pun juga terikut. Seperti yang kita tau bahwa pin atau gantungan kunci biasanya dibuat untuk suatu keperluan organisasi, komunitas, dan bisa juga hanya untuk keperluan pribadi, dll.

Yang akan kita bahas sekarang yaitu mengenai jenis-jenis laminasi untuk cetak pin dan gantungan kunci. Fungsi laminasi disini agar pin tetap awet sekaligus memperindah tampilan pin.

Berikut 4 jenis laminasinya :

JENIS GLOSSY
Bahan Glossy merupakan bahan yang terlihat lebih mengkilap dari yang lainnya. Bahan lebih licin dan terlihat lebih tajam warnanya dan juga banyak memantulkan cahaya. Bahan laminasi glossy menghasilkan gambar yang lebih terang, tajam dan mewah.

JENIS DOFF
Berbeda dengan Glossy, Bahan Doff cenderung lebih natural / tidak mengkilap. Kebalikan dari laminasi glossy yaitu doff, laminasi ini terlihat biasa dan tidak memiliki kilauan.

JENIS CANVAS
Bahan Canvas merupakan bahan yang memiliki permukaan agak kasar yang memiliki motif tersendiri.

JENIS GLITTER
Bahan Glitter merupakan bahan kombinasi dari bahan glossy dengan glitter atau yang sering disebut blink-blik mengkilap. Bahan ini lebih menonjol dan berbeda dari yang lainnya.