Teman-teman mari merapat kesini hehe. Jadi, pada kesempatan ini saya akan mengenalkan kalian tentang pantone.

Apa itu pantone, digunakan untuk apa pantone itu, ada kaitan erat gak sama desain grafis, dan lain-lain deh
Langsung aja ya kalian lihat sekilas pembahasan tentang pantone dibawah ini :

Pantone merupakan sebuah Sistem Pencocokan Warna, atau Color Matching System (CMS), adalah metode yang digunakan untuk memastikan konsistensi warna dalam proses desain hingga produksi, terlepas dari perangkat / media yang digunakan untuk menampilkan warna. Menjaga keakuratan dan konsistensi warna dari berbagai di media sangat sulit, bukan hanya karena warna sangat subjektif hingga batas tertentu, tetapi juga karena perangkat yang digunakan untuk menampilkan warna sangat banyak dan luas, serta teknologi yang digunakan berbeda-beda.

Ada berbagai Color Matching System (CMS) yang tersedia hingga hari ini, tapi sejauh ini, yang paling populer dalam industri percetakan adalah Pantone Matching System, atau PMS. PMS adalah sebuah sistem pencocokan ”warna-solid”, digunakan terutama untuk menentukan warna kedua atau ketiga di cetak, artinya selain warna hitam, (walaupun, jelas, orang pasti dapat mencetak satu-sepotong warna menggunakan warna PMS dan tanpa ada warna hitam).

Banyak percetakan yang terus menyediakan tinta dasar Pantone di toko-toko mereka, seperti Warm Red, Rubine Red, Green, Yellow, Reflex Blue, dan Violet. Kebanyakan warna PMS memiliki resep pencampuran tinta, yang harus diikuti oleh percetakan untuk menciptakan warna yang diinginkan. Warna dasar, bersama dengan hitam dan putih, digabungkan dalam proporsi tertentu untuk mencapai warna lain dalam PMS.

Sumber : www.pantone.id