Hai teman-teman calon desainer sukses. Kalian pernah gak sih kesulitan membuat 3 kotak yang sama saat akan membentuk brosur trifold? Ini adalah salah satu pengalaman yang saya rasakan saat kali pertama membuat brosur trifold.hhe

Karena nih ya temen-temen, kalo kita bikin satu-satu ntar ukurannya gak sama. Kalo ukurannya gak sama terus brosurnya udah kita bikin dan kita cetak, maka hasil cetaknya tidak akan maksimal alias ada yang lipatanya besar dan aja juga yang lipatannya kecil.

Nah disini saya akan membagi tahu bagaimana sih cara membuat pola trifold. Langsung saja yuk kita ikuti materinya. Check it out.

1. Buatlah new document lalu mulailah pekerjaanmu di corel draw. Langkah pertama yaitu buatlah 1 persegi panjang secara potrait menggunakan rectangle tool

2. Copy paste persegi panjang yang sudah dibuat tadi sebanyak 3 kali lalu geser kearah kanan. Jangan lupa menahan tombol shift selama menggeser objek. Tujuannya adalah supaya objek bisa sejajar lurus dengan objek aslinya. Setelah diatur seperti cara diatas, blok seluruh objek lalu aturlah objek size dengan lebar 297 mm dan panjang 210 mm atau sama panjang dengan ukuran kertas A4. Mengapa demikian? Alasannya ya supaya mempermudah pekerjaan. Jadi pola dibuat sesuai ukuran kertas.

3. Setelah kamu selesai mengatur object size, maka klik enter dan aturlah posisi pola brosur trifold

        Nah pola brosur trifold sudah siap. Sekarang kamu bisa mendesain brosur sesuai kebutuhanmu. Mudah bukan?

Semoga bermanfaat