Template desain PowerPoint adalah suatu tema yang sangat di butuhkan oleh perusahaan-perusahaan di bidang apa pun. Klien mencari presentasi unik yang mencerminkan pencitraan merek mereka dan membuat ide mereka terlihat profesional.

PowerPoint memang memiliki kemampuan pengeditan grafis, tetapi beberapa desainer merasa lebih mudah dan lebih cepat untuk membuat elemen grafis utama di Adobe Illustrator atau Photoshop terlebih dahulu, dan mengekspornya ke dalam template PowerPoint untuk digabungkan dengan elemen yang dapat diedit.

Dalam tutorial ini, saya akan menggunakan Adobe Illustrator untuk membuat desain, yang kemudian kami ekspor dan ubah dalam PowerPoint:

1. Buat Template dasar

Mulai di Illustrator dengan membuat dokumen baru: File> Baru. Saya sarankan mulai dengan mengatur dimensi ke ukuran PowerPoint default 13,333 inci x 7,5 inci.

Buat desain sesuai tema atau sesuai keinginan kamu. Berikutnya atur warna Klik File> Cocument Color Mode> RGB Color

2. Ekspor desain Anda sebagai file PNG

Ekspor setiap Artboard ke file PNG sendiri dengan mengklik File> Ekspor> PNG> Ekspor> OK.Jika kamu menggunakan beberapa Artboard di Illustrator, pastikan untuk memeriksa “Use Artboards” untuk menentukan Artboard mana yang akan diekspor ke setiap file PNG.

 Pastikan kamu mengatur setiap PNG ke latar belakang transparan dengan resolusi 300 PPI.

3. Buat presentasi baru di PowerPoint

Kita Powerpoint sekarang, dan klik File> Presentasi Baru. Lalu pergi ke View> Slide Master. Sekarang kamu berada dalam mode tampilan tempat kamu dapat mengedit dan membuat Slide Masters. Slide Masters adalah slide yang menyimpan informasi tentang tema presentasi.


4. Buat Judul Slide Master Anda

Sekarang saya ingin mengimpor karya seni yang telah saya buat di Illustrator ke dalam Judul Slide Master. Lakukan ini dengan mengklik Insert> Picture> Gambar dari File> Pilih file PNG kamu. File PNG akan muncul di Title Slide Master Anda. Selanjutnya, klik kanan> Send To Back, sehingga karya seni dipindahkan ke lapisan bawah, dan kotak teks berada di atas.

Posisikan dan edit kotak teks seperti yang diinginkan, lalu klik Close Master View untuk kembali ke mode tampilan normal.

5. Campur dan cocokkan Master Slides Anda

6. Simpan sebagai template

Lakukan ini dengan mengklik File> Save As> PowerPoint Template.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba