Logo adalah salah satu hal terpenting yang harus di pelajari oleh seorang desain grafis karena untuk mendesain sebuah logo harus memiliki pengetahuan yang baik berbagai perangkat lunak desain grafis, trend desain masa kini dan teknik yang tepat wajib anda ketahui agar hasil desain logo yang di hasilkan bagus. Maka ada beberapa kriteria yang harus anda ketahui diantaranya adalah :

 

 

Font

Memilih font yang biasa di pakai perusahaan besar adlah salah satu solusi yang tepat untuk logo yang akan anda buat agar mudah di kenal oleh masyarakat, untuk fontnya meliputi Arial, Serif , San Serif , Times New Roman , Helvetica, Rockwell dll.

 

Variasi Font dan Warna Tidak Terlalu Banyak

Kebanyakan logo perusahaan ternama menggunakan font dan warna tidak lebih dari tiga varisi. Jika terlalu banyak penggunaan warna dan font yang terlalu bervariasi akan membuat suatu logo kurang dapat menyampaikan pesan yang tersirat dan tujuan logo tersebut. Maka akan lebih baik jika sebuah logo memakai tidak lebih dari tiga  variasi.

 

Berpakem Pada Konsep “KISS” (Keep It Simple, Stupid)

Sebuah logo harus dapat membuat ikatan sebuah produk dan perusahaan. Hal terpenting yang harus kita ingat selalu dalam pembuatan loga adalah sebuah hal terkecil yang akan membuat orang mengingat hal besar. Maka kita harus memperlihatkan hal yang mudah diingat dengan membuat komposisi sederhana.

 

Nyaman di Pandang

Flat baground ( hitam dan putih ) dalam sebuah logo juga harus kita perhatikan karena sebuah logo yang di cetak dalam paper hitam putih atau menyesuaikan desain yang menuntuk warna graysale ( hitam putih ), sehingga logo nyaman di lihat dan tidak memudarkan bentuk logo tersebut.

 

Fleksibel di Semua Media

 

Media cetak menjadi salah satu promosi sederhana  sebelum adanya internet, maka sebuah logo harus terlihat berkesan di pasang di semua  tempat baik media cetak maupun media internet karena jika logo anda terlihat bagus pada semua media akan membuat logo anda lebih di hargai.

 

 

Mudah di Ingat dan Berkesan

 

Sebuah logo yang berkesan dengan waktu yang lama pasti akan membuat orang yang sekilas melihat di jalan raya atau media lainya sudah bisa menebak dan mengenali logo tersebut adalah milik  perusahaan-X, berarti hal tersebut membuktikan bahwa logo yang di buat memberikan kesan pada orang tersebut.