konsep logo

Asalamu’alaikum… pertemuan kali saya akan membahas tentang bagaimana konsep mebuat logo.langsung aja kali aku terangin

Konsep atau tema besar adalah hal yang harus diperhatikan dalam mendesain logo. Konsep merupakan point paling utama yantg pertama kali harus desainer tentukan sebelum memulai pekerjaannya dengan pensil dan kertas untuk membuat sketsa. Konsep lah yang akan menentukan bagaimana logo akan dibuat. Konsep pula yang akan menentukan hasil dari logo tersebut.

Konsep logo dibuat setelah desainer mengenali klien yang memesan logo padanya. Hal paling mendasar untuk dijadikan sebagai konsep logo adalah pesan apa yang ingin disampaikan oleh kliennya tersebut kepada publik. Singkatnya, image seperti apa yang ingin klien bentuk di hati publik melalui logo tersebut. logo tersebut akan berhasil apabila ia memiliki konsep visual yang kuat.

Konsep visual berasal dari apa yang dilakukan oleh calon pengguna logo atau klien dari desainer logo. Maksudnya, apakah pemesan logo merupakan sebuah perusahaan, intansi atau sebuah organisasi. Kemudian, apa yang dilakukan oleh perusahaan, intansi atau sebuah organisasi tersbut. Ini menjadi penting karena konsep besar dari ketiga nya akan berbeda karena brand image yang ingin dibentuk pun akan berbeda.

Brand image yang dibentuk oleh logo sangat berkaitan dengan warna dan bentuk dari logo. Kita pernah membahas mengenai filosofi dari bentuk-bentuk dasar logo dan filosofi dari setiap warna. Bentuk dan warna ini lah yang akan membantu logo untuk menciptakan brand imagenya. Dan bentuk serta warna ini lah yang akan ditentukan saat membuat konsep logo.

Misalnya saja logo untuk perusahaan makanan, maka konsep yang dibuat termasuk di dalamnya warna dan bentuk akan dibuat untuk membangkitkan selera makan konsumennya. Pertanyaannya, mengapa konsep ini bergitu penting? Mengapa desainer sampai harus menghabiskan waktu desain hanya untuk menentukan bentuk serta warna yang cocok dan menyampaikan pesan dari pemilik perusahaan, intansi atau organisasi kepada publik?

Konsep logo menjadi sangat penting karena setiap logo harus describable. Setiap logo harus mampu menggambarkan perusahaan, intansi atau organisasi yang menggunakannya. Logo yang describable akan menjadi daya tarik bagi pemilik logo tersebut. Dia juga akan mampu menjadi wakil dari apa yang memang diwakilinya. Jika diibaratkan, logo yang describable akan seperti pakaian adat yang digunakan oleh masyarakat adat. Apa yang ia kenakan tersebut adalah cerminan dari diri serta identitas masyarakat tersebut. Bagi beberapa orang mungkin pakaian adat dari masyarakat adat yang masih kental hingga saat ini merupakan hal yang unik karena sudah jarang ditemukan. Akan tetapi apa yang digunakan tidak begitu saja digunakan. Semuanya mengandung makna serta filosofi yang menggambarkan adat serta nilai yang dipegang oleh masyarakat tersebut.

Seperti hal nya keris, pada beberapa masyarakat adat di Indonesia keris bukan hanya sebagai senjata. Keris juga merupakan simbol dari keberadaan serta nilai masyarakat tersebut. Setiap ornament keris merupakan simbol masyarakat yang akan mampu menjelaskan dari masyarakat mana keris tersebut di produksi. Ini karena nilai masyarakat telah menjiwai setiap elemen dan bentuk dari keris tersebut. Maka kemana pun keris tersebut dibawa, dia akan mampu mewakili masyarakat dimana keris tersbeut dibuat.

Logo yang describable sama seperti keris. Kemanapun dan dimanapun dia berada, dia harus mampu mengingatkan publik pada apa yang diwakilinya. Selain itu, logo tersebut juga harus mampu untuk menjelaskan nilai serta pesan yang ingin disampaikan oleh pemilik logo.http://pembuatanlogo.com

terimakasih atas waktunya semoga bermanfaat yaa