Warna adalah sensasi yang dihasilkan saat suatu energi cahaya mengenai benda, dimana cahaya akan dipantulkan langsung oleh benda yang terkena cahaya tadi, maka cahaya yang dipantulkan tadi akan jatuh di retina mata pengamat.

Seperti yang kita ketahui, saat ini terdapat banyak warna di dunia. Namun tahukah kalian?, bahwa sesungguhnya warna-warna itu awalnya hanya ada 3 warna yang dinamai warna primer. Lalu warna primer itu dicampurkan satu sama lain yang akhirnya menghasilkan warna sekunder. Warna sekunder dicampurkan lagi satu sama lain yang akhirnya menghasilkan warna tersier.

Disini kita akan membahas warna satu per satu.

  • Warna Primer

      Warna primer adalah warna pokok. Sebelum warna lain tercipta, 3 warna inilah yang ada terlebih dahulu. Setelah itu ketiga warna ini dicampurkan satu sama lain yang akhirnya menjadi warna baru. Warna primer ini terdiri dari 3 macam yaitu merah, kuning dan biru.

  • Warna Sekunder

 

      Warna sekunder adalah hasil percampuran pertama dari warna primer. Warna sekunder juga terdiri dari 3 yaitu ungu, orange dan hijau. Ungu dihasilkan dari percampuran merah dan biru, orange adalah hasil dari percampuran warna merah dan kuning, sedangkan hijau adalah hasil dari percampuran warna kuning dan biru. Namun jumlah warna yang ada setelah adanya warna sekunder menjadi 6 warna.

  • Warna Tersier

      Warna tersier adalah percampuran dari warna primer dan warna sekunder. Warna tersier ini terdiri dari 6 warna yaitu kuning orange, kuning hijau, biru hijau, biru ungu, merah ungu dan merah orange. Warna ini dihasilkan dari percampuran 2 warna yang bersebelahan (bisa dilihat di skema warna). Jumlah warna sampai warna sekunder kini menjadi 12 warna.