Pengertian Warna Dingin dan Contohnya

Hayyy Guys, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan pengertian dari warna dingin dan juga contohnya. Warna itu mempunyai jenis kelompoknya, ada warna dingin dan juga ada warna panas. Agar kawan semua bisa lebih memahami akan warna dingin, yuk kita simak artikel yang telah saya buat.

Warna Dingin
Apa itu Warna Dingin ?
Warna Dingin adalah kelompok warna yang melambangkan kesejukan, ketenangan, kelembutan dsb. Dalam Roda warna, warna dingin dimulai dari Hijau sampai Ungu, kebalikan dari warna panas. sensasi yang bisa ditimbulkan warna dingin adalah ilusi dekat.

Kita bisa mersakan sensai warna dingin apabial kita berkunjung ketempat-tempat yang menyajikan keindahan alam, seperti dipuncak, pegunungan. disana kalian pasti akan merasakan ketenangan, dan itu akan memberikan efek positif bagi tubuh. dan tempat seperti itu pula dapat menjadi tempat refleksi otak ataupun sebagainya. Mengapa tempat seperti itu bisa memberi nuansa tenang?? itu karena warna yang tersedia pula dominan bernuansa dingin, seperti hijau, biru ungu dsb.

Contoh Warna Dingin
Warna dingin pula mempunyai komponen tersendiri, dan kita bisa langsung melihat di Skema warna yang diciptakan oleh Brewster. Dalam skema warna ini terdapat 3 Warna Primer, 3 Warna sekunder yang merupakan turunan warna primer, kemudian warna 6 Warna tersier dari hasil pencampuran warna sekunder.

Dari semua warna yang ada, maka terbentuklah sebuah susunan warna yang terbagi menjadi 2 jenis yaitu warna panas dan dingin.

Warna dingin dimulai dari Hijau, Green-Blue (hijau kebiru-biruan), Biru, Biru ke unguan, Ungu, Merah keunguan.

Skema warna panas dan dingin

Nah dari skema diatas, kita dapat membedakan mana yang termasuk warna dingin, dan mana yang termasuk warna panas. dan unuk warna panas pula mempunyai penjelasan tersendiri.

Warna Dingin Dalam Desain Grafis
Dalam desain grafis konsep pewarnaan sangatlah penting, jika pemilihan warna tidak sesuai dengan konsep, maka itu akan menjadi masalah terhadap hasil desain yang kita inginkan. Apabila konsep yang diinginkan adalah ketenangan, sejuk asri, maka konsep warna dingin ini sangat cocok untuk diterapkan. Contohnya Desain poster tentang Kesehatan. Maka warna dingin yang paling cocok untuk poster ini yaitu biru, putih dan juga hijau.

Berikut merupakan contoh perpaduan warna dingin pada ruang interior rumah.


Warna dasar dari ruangan diatas adalah biru, dan warna lainnya merupakan perpaduan dari warna-warna dingin. dan ini yang membuat suasana lebih sejuk tenang, dan juga bahagia.

Dari penjelasan diatas semoga kawan semua lebih kreatif lagi dalam mengkombinasikan sekumpulan warna, dan tunggu artikel saya yang selanjutnya tentang warna panas.

Semangat…….

gambar dari: www.grafis-media.website