Pengertian Warna Panas Dan Contohnya

Jika kalian melihat pemandangan senja di sore hari, apakan yang ada dibenak kaian??? Warna yang terpancar dari langit senja itu seperti semanagat bara api yang menggebu-gebu. Dan perlu kita ingat itu semua merupakan perpaduan suatu warna dan itu adalah warna panas yang bisa menimbulkan suasana tertentu dalam diri. Pada Kesempatan kali ini saya akan sedkit mengupas tentang penegrtian warna panas dan contohnya, yang merupakan lanjutan dari artikel saya sebelumnya tentang pengertian warna dingin dan contohnya, agar kawan semua dapat lebih paham akan perbedaan dua jenis warna tersebut.

Warna Panas

Pengertian warna panas

Warna panas adalah warna yang bisa melambangkan suasana hati yang semangat, riang serta mendatangkan keceriaan, warna panas ini identik dengan warna-warna yang mencolok seperti merah, kuning, orange dsb. Warna panas juga bisa menimbulkan sensasi yang panas pula. Sensasi panas timbul ketika melihat warna warna panas seperti merah yang melambangkan semangat yang menggebu-gebu atau juga seperti api yang membara dan kuning matahari melambangkan semangat yang tak pernah pudar.

Jenis Warna Panas

Warna primer memiliki tiga jenis warna yaitu Merah,Kuning dan Biru. Selebihnya adalah warna sekunder dan tersier yang tercipta lewat perpaduan antara ketiga warna primer tersebut. dengan tergabungnya seluruh warna dasar hasil penggabungan, maka seorang seniman bernama Brewster membuat skema warna. Dengan skema warna yang dibuat oleh Brewster inilah, kita dapat membedakan antara warna dingin dan juga warna panas.

Dan jangan salah menafsirkan, warna hitam juga merupakan jenis warna panas, karena hitam dapat menyerap energi cahaya menjadi panas dibandingkan warna putih. Contohnya ketika memakai baju berwarna hitam ataupun berwarna panas disiang hari, pasti badan akan cepat berkeringat. Karena sinar mataharinya akan lebih cepat sampai ke kulit kita.

Warna panas bisa kita temukan pada skema dari Merah sampai ke warna campuran Y-G ( yellow / kuning di campur Green / hijau ). lalu selebihnya adalah warna dingin.

Diagram Warna Panas dan Dingin

Warna Panas Dalam Desain Grafis

Dalam dunia desain grafis, warna panas Biasanya digunakan untuk hal-hal yang bersifat senang, ceria, bersemangat dan lain sebagainya. Contoh disaat kita membuat poster tentang tempat wisata, maka warna yang kita gunakan harus menggunakan kombinasi warna panas. akan tetapi kawan sekalian bebas menentukan warna apa yang akan kalian gunakan, tapi ingat sebagai desainer yang profesional kalian juga harus memperhatikan filosofi aturan serta fungsi dari desain yang kalian buat.

Sekian penjelasan dari saya tentang warna panas, semoga dapat mempermudah pekerjaan kalian semua,,,

good bye…