Warna merupakan elemen penting dalam semua seni rupa, secara umum warna merupakan bagian penting dari segala aspek kehidupan manusia. Hal tersebut dapat dilihat dari semua benda yang ada di bumi, bahkan alam disekeliling kita merupakan benda yang berwarna. Karena begitu penting peranan warna bagi manusia warna sering kali dipakai sebagai elemen estetis, sebagai representasi dari alam, warna sebagai komunikasi, dan warna sebagai ekspresi.

Albert Munsell
Penemu Teori Warna Munsell

Berikut penjelasan mengenai peranan warna:

1. Warna sebagi elemen estetika

Warna sebagai elemen estetika merupakan warna yang mempunyai fungsi dalam membentuk sebuah keindahan atau sebagai unsur eksistensial benda-benda yang ada di sekitar kita. Fungsi warna sendiri untuk memudahkan dalam melihat dan mengenali suatu benda. warna sebagai elemen estetika ini tidak hanya memiliki satu fungsi, warna di sini mempunyai fungsi ganda yang bukan hanya aspek keindahan saja, juga sebagai elemen yang membentuk perbedaan antara obyek satu dengan obyek lain.

2. Warna sebagai representasi dari alam

Peranan warna ini biasa sebagai penggambaran atau mampu menggambarkan sifat obyek secara nyata yang ada di alam. Contoh warna hijau untuk menggambarkan daun, rumput; dan biru untuk laut, langit dan sebagainya. Warna sebagai representasi dari alam ini mengacu pada sifat alami dari suatu obyek seperti padat, cair, jauh, dekat dll.

3. Warna sebagai media komunikasi

Arti warna di sini merupakan bagian dari simbol atau lambang sebuah tradisi atau pola tertentu. Warna dalam hal ini sering kita lihat di sekitar kita seperti logo perusahaan, bendera, fashion, dan lain-lain. Warna juga memiliki fungsi sebagai perwakilan atau pengganti bahasa formal dalam komunikasi. Misalnya warna merah melambangkan kemarahan, semangat; warna putih melambangkan kesucian, kebersihan; warna hijau melambangkan kesehatan, alam; warna kuning melambangkan keceriaan; dan masih banyak warna beserta makna di dalamnya. Contoh lain seperti lampu lalu lintas di atas warna merah menyuruh kita untuk berhenti, warna kuning berhati-hati dan warna hijau maju.