Gambar digital ialah gambar yang dihasilkan dari proses gambar dari computer, kamera, dan perangkat lainnya yang disimpan dalam bentuk file digital. Gambar digital sendiri mempunya dua jenis yaitu

  1. Bitmap

Kita ketahui bahwa gambar bitmap merupakan hasil dari gambar tiruan digital yang tersusun dari banyak pixel dan mempunyai nilai warna tersendiri sebab itulah hasil gambar tiruan dari bitmap itu menghasilkan kesan gambar yang sangat mirip sekali dengan aslinya.

Gambar bitmap juga mampu dikenali oleh file ekstansi computer yang berekstensi bmp dan jpg.

Kelebihan dari bitmap itu ialah:

Dapat manangkap nuasa warna yang natural dan dpat di transfer secara langsung dari file ke layar monitor dan lebih sesuai.

Kekurangan bitmap sendiri ialah:

ukuran file gambarnya relatif besar, perubahan ukuran gambar sangat mempengaruhi kualitas gambar, harus melakukan kompresi gamabar untuk menurunkan kualitas gambar.

Aplikasi untuk mengolah gambar itu sendiri seperti adobe photoshop, corel photopaint, gimp, dan lain-lain.

  1. Vector

Merupakan gambar yang hanya bisa dihasilkan oleh kompeter saja yang  terdiri dari garis, kurva dalam bidang bidang tertentu yang mampu di definisikan dengan cara matematis dan tidak di pengaruhi oleh pixel atau resolusi.

Kelbihan dari vector itu sendiri ialah:

mampu mengubah ukuran gambar tanpa ngurangi kualitasnya , mempunyai warna-warna yang solid dan mempunyai ukuran file yang kecil.

Kekurangan dari vector ialah:

kurang dalam menampilkan gradient yang asli.

Aplikasi program vector seperto coreldraw, inkscape, macromedia flash dan lain-lain.

Sedangkan gambar non digital ialah gambar yang dihasilkan dari goresan atau garis dari kertas gambar, kanvas dan media lainnya yang diluar dari media digital yang di buat secara manual dan dapat dilihat oleh mata tanpa memerlukan alat bantu lain.

Nah, jadi itulah perbedaan antara gambar digital dan non digital.