Dalam sebuah permainan warna pada photoshop ada tiga warna dasar (RGB) yaitu merah, hujau dan biru. Cara untuk menyatakan warna yang lain dengan mode HSL adalah Hue, saturation, dan Lightness. Dengan memiliki mode lain seperti (CMYK) Cyan, Magenta, Yellow, dan Black. Pada sebuah bab ini alan membahas mengenai permainan warna, mulai dari cara mengatur latar belakang gambar, cara membuat gradient, cara mengatur btightness dan contrast, dan ada banyak lagi tool-tool yang menarik.

  • Paint bucket tool adalah berguna untuk mengganti beackround yang memiliki warna sama atau mirip. Beckround juga dapat diganti dengan pattern.
  • Gradient tool berguna untuk menghasilkan sebuah warna gradasi.
  • Brush tool digunakan untuk sebagai kuas dalam mengambar dengan mouse. Terlebih dahulu atur besar kecilnya brush, hardness, opacity, dan flow.
  • Brightness yang berguna untuk mengatur sebuah kecerahan gambar. Sedangkan Contrast juga berguna dalam untuk mengatur ketajaman gambar.
  • Level hampir mirip cara bekerjanya dengan Brightness/Contrast namun lebih fleksible karena warna bisa diatur dari warna gelap, warna menngah, dan warna terang. Level ini juga dapat bekerja dalam seluruh kanvas.
  • Curves cara bekerjanya sama seperti level,warna RGB bisa mengatur dalam bentuk sebuah curva. Curva juga dapat diatur secara otomatis, dalam mode RGB bisa diatur sendiri-sendiri untuk setiap warna.
  • Color Balance mengatur sebuah keseimbangan warna .
  • Photo Filter digunakan untuk memberikan filter pada sebuah gambar yang hampir mirip dengan filter yang terletak di depan lensa kamera.
  • yang berguna untuk mengganti suatu warna yang tertentu pada gambar, sedangkan warna lain tidak ikut berubah, misalkan mengganti warna apel tanpa mengubah sebuah warna background .
  • Hue adalah warna sedangkan Saturation adalah tebal/tipisnya warna. Hue/Saturation berguna untuk mengganti warna keseluruhan pada gambar/seleksi.
  • Match Color yang menyamakan warna gambar dengan source pada gambar yang diubah.

 

Image by http://4.bp.blogspot.com