Sebelumnya, sudah kita bahas mengenai hal-hal di dunia desain grafis. Disisi lain gak hanya kenal. Tapi, tahu apa si itu desain grafis, kiat-kiat seorang desain grafis., dan pemahaman apa lagi yang belum kita ketahui. Pertemuan kali ini, saya akan membahas apa saja yang harus kita ketahui dan apa saja sih yang harus kita kuasai pertama kali untuk menjadi seorang desain grafis.

 

  1. Software

Alat pendukung dari apa yang telah dihasilkan tergantung pada bidang software itu sendiri. Software desain terbagi menjadi dua bagian : pengolah grafis 2dimensi dan pengolah grafis 3dimensi. Dan media desain terbagi menjadi tiga : media cetak, digital, dan multimedia.

 

  1. Sketsa

Alat bantu untuk memudahkan membuat gambaran sketsa suatu gambar yang akan di buat. Tergantung ingin memalui media apa yang diinginkan.

 

  1. Nirmana

Penyusunan element-element visual seperti : titik, garis, warna, bidang, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis.

 

  1. Pewarnaan

Hasil pencitraan karya seni desain grafis. Dimana suatu karya yang diberi goresan warna, supaya memahami apa yang telah dibuat. Dan didalamnya mempunyai ciri khusus. Kita pun harus pintar dalam pemilihan warna.

 

  1. Typografi

Ilmu yang mempelajari tata cara pemilihan dan menata huruf dengan teratur. Supaya pembaca mudah memahaminya. Dan memiliki kesan tertentu bagi pembacanya.

 

  1. Kemampuan umum
    Kemampuan yang membantu dalam proses membuat sebuah karya grafis. Kemampuan umum di bidang grafis seperti pengetahuan tentang website. Contohnya : Website grafis (seperti flickr, deviantart dan lainnya.) dan website ecommerce (untuk menjual karya desain.)

Selain itu, Pilar keilmuan yang wajib dimiliki oleh seorang desainer grafis :
1. Wawasan Teknologi
2. Wawasan Sains
3. Wawasan Seni
4. Wawasan Sosial dan Budaya
5. Wawasan Filsafat dan Etika