Warna memiliki peran sangat besar dalam kehidupan kita sehari-hari. Warna menarik perhatian kita untuk sebuah alasan. Itu semua memiliki arti dan warna ternyata memiliki simbolisme di dalamnya. Mari kita simak:

 1. Merah

Warna ini memiliki makna yang berbeda tergantung konteksnya. Karena merah identik dengan api, sehingga merah dapat melambangkan kehangatan – atau bahaya. Karena merah bisa juga warna darah, yang diartikan sebagai warna yang berenergi, warna yang hidup dan juga diasosiasikan dengan sesuatu yang berkaitan dengan hati, dan terkadang kekerasan.

2. Jingga

Jingga juga dapat disimbolkan sebagai warna yang berapi-api, jingga dapat diartikan kehangatan yang berasal dari warna merah dengan arti keceriaan dan warna kuning untuk aktifitas, energi, dan optimisme. Warna ini juga diasosiasikan dengan musim panen atau musim gugur.

3. Kuning

Sebagai warna dari matahari, kuning sering diartikan kebahagiaan, keceriaan, keramahan, dan kesegaran dari musim semi.

4. Hijau

Hijau ini merupakan warna alam, tumbuhan hidup, dan pertumbuhan. Hijau sering diartikan dengan kesehatan, kesegaran, atau kualitas yang alami. Sedangkan hijau tua dapat melambangkan kekayaan (atau hal-hal yang berkaitan dengan uang) dan kestabilan.

5. Biru

Warna ini sering mengartikan kedamaian, kualitas yang bersih. Sebagai lawan dari berenergi, warna yang lebih dingin, biru merupakan warna yang menenangkan. Biru dapat melambangkan kesedihan atau depresi.

6. Ungu

Ungu secara sederhana diartikan sebagai kesetiaan, keagungan, atau kehormatan. Warna ini juga memiliki konotasi spiritual/mistis atau keagamaan.