Refrensi dan inspirasi sangatlah penting dalam proses mendesain apa lagi pada saat unmood, sedikit tak terlintas inspirasi di fikiran kita sehingga kita sering kali stress terhadap apa yang akan kita buat, bagaimana cara membuatnya dan sebagainya.

Tak usah bagi para pemula desain, untuk para desainer grafis handal pun pasti sangat membutuhkan refrensi inspirasi saat pembuatan desain. Nah, berikut akan kita bagi empat aplikasi yang dapat menjadi refrensi untuk mendesain:

  1. Pinterest

Aplikasi ini ialah aplikasi favorit saya ketika saat mencari refrensi terhadap desain seperti apa yang akan saya buat. Pinterest merupakan aplikasi inspirasi sebuah karya yang di sediakan dalam satu tempat dalam berbagai cabang dan dikelompokan dalam suatu kelompok ketertarikan si pengguna kreasi.

  1. ArtStation

Aplikasi ini merupakan wadah inspirasi para pendesain yang lebih kepada focus ke desain karakter kartun dan game 2D dan 3D. artstation juga menghadirkan challengs program lomba untuk kamu yang kompetitif.

  1. Freepik

Aplikasi ini merupakan aplikasi favorit saya juga. Disini kita bisa mencari refrensi inspirasi lebih luas lagi, bukan itu saja kita juga dapat men download nya secara gratis menggunakan free download dan dapat dipakai sebagai pembelajaran untuk para desainer pemula. Anda dapat mendaftar melalui akun facebook atau google.

  1. Flatun

Aplikasi ini merupakan apliksi yang dapat memberikan banyak refrensi dari sumber-sumber ternama, karena flatun meng update website inspirasi dari desainer-desainer ternama seperti Behance, Dribble, Abduzeedo dll.

Aplikasi ini pun dapat di gunakan dengan cara sign in dengan menggunakan akun media social seperti facebook, twitter, atau pendaftaran konvensional menggunakan e-mail.

Nah, mungkin itulah yang dapat saya berikan saran terhadap aplikasi social media yang dapat mengispirasi kalian semoga bermanfaat, terimakasih.