Pada Tahun 1987 Thomas Knoll seorang mahasiswa PhD di Universitas Michigan pertama kali membuat aplikasi Adobe Photoshop dengan menampilkan sebuah gambar grayslace yang terdapat pada layar monokrom yang di beri nama disaplay. Dengan penemuanya tersebut dia mendapat perhatian dari saudaranya John Knoll, dia adalah seorang karyawan di sebuah Industrial Light & Magic, john menyarankan kepada thomas untuk dapat mengubah atau mengembangkan programnya menjadi aplikasi penyunting gambar penuh atau keseluruhan dan mengganti nama program tersebut menjadi ImagePro.

Butuh waktu enam bulan bagi Thomas untuk bekerjasama dengan John. Di tahun 1998 thomas mengganti nama programnya menjadi Photoshop sekaligus mendistribusikan salinannya. Sementara itu John bertugas mendemonstrasikan aplikasi Photoshop kepada dua perusahaan sekaligus di California, dia mendemonstrasikan program itu kepada Adobe dan Apple. Akhirnya Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1998. ThomasĀ  menulis kode program sementara john bekerja pada plug-in di California.

Photoshop 1.0 dirilis pada 1990 khusus untuk Macintosh yang kapasitasnya sama dengan sekeping floppy disk (1,4 MB). Bukan hanya itu Adobe Photoshop mulai mencatat sejarahnya dengan menjadi salah satu masterpiece di dunia tekhnologi informasi. Setelah itu di tahun 1991 Adobe Photoshop berhasil merilis Photoshop 2.0, namun masih sama bisa di operasikan di bawah Platform Macintos. Hingga sekarang ini Adobe Photoshop menjadi software atau aplikasi yang paling populer dan terdepan untuk mengedit gambar atau foto yang bertipekan raster atau bitmap.

 

Image by https://cafealiraza.files.wordpress.com