Tips Menulis CV yang Baik dan Benar

CV merupakan catatan riwayat hidup sesorang yang dapt digunakan untuk melamar pekerjaan. Dengan CV yang berkualitas pula akan bisa menentukan posisi kita didalam suatu bidang usaha dan akan membantu kita mendapatkan gaji yang lebih pantas. CV juga merupakan alat marketing yang dapat membuat kita terlihat lebih profesional lagi. Dan jangan sampai lupa pula, CV yang kita buat harus sekreativ mungkin dan berilah kesan yang dapat membedakan CV kita dengan orang lain, sehingga orang lain lebih yakin utuk mempekerjakan ataupun bekerja sama dengan klia.

cara tepat yang dapat kita gunakan untuk menuli CV yang memukau adalah dengan mempromosikan keahlian yang Anda miliki, pengalaman dan pencapaiaan yang Anda dapat sehingga HRD mengerti apa yang hendak Anda sampaikan dan nilai yang bermanfaat untuk perusahaan tersebut. Berikut merupakan beberapa tips agar CV kalian dapat diterima orang banyak:

1. Fokus pada pencapaian-bukan tugas dan tanggung jawab
HRD biasnya tidak terlalu memperhatikan terhadap data-data pribadi kita secara mendetail, seperti hobi kita, ataupun bagaimana kehidupan sehari-hari kita. Seorang HRD itu biasanya lebih memperhatikan terhadap pencapaian dan juga pengalaman kerja kita. Dia akan lebih terfokuskan ke hal seperti itu karena dia memikirkan pengalaman dan juga pencapaian akan sangat mempengaruhi terhadap prospek kerja orang tersebut.

2. Gunakan contoh kuantitatif
Sama pentingnya dengan fokus terhadap pencapaian yang pernah diraih. Cara mudah untuk menunjukan prestasi dan kesuksesan Anda adalah dengan contoh. Gunakan angka, figur dan statistik untuk mendukung pernyataan Anda. Contohnya daripada menuliskan “meningkatkan penjualan, menambah besar hasil perusahaan”, lebih baik menuliskan “meningkatkan jumlah penjualan menjadi 25% selama 6 bulan”.

3. Gunakan kata kunci
Menggunakan kata kunci yang benar dalam Resume / CV Anda bukan hanya akan menarik perhatian pembaca (HRD) saja, namun juga akan meyakinkan mereka bahwa Anda terlihat profesional. Tentunya CV Anda tidak akan dilupakan begitu saja oleh HRD. Tingkatkan kualifikasi yang ada pada diri Anda dengan membuat CV dengan menggunakan diksi (pemilihan kata) yang benar.

Biasanya HRD hanya membutuhkan waktu 10 detik saja untuk menentukan apakah resume Anda menarik atau tidak. Rangkum kualifikasi diri Anda dengan baik pada resume Anda sebagai awal yang baik untuk memulai mencari pekerjaam impian Anda.

4. Hapus informasi tidak penting
Sebagaimana yang sudah tertulis diatas, didalm menuliskan Cv kita, kita tidak perlu untuk menuliskan hal-hal yang tidak penting. Kita cukup menuliskan hal-hal yang penting saja akan tetapi akan membuat orang tertarik, percaya terhadap kita. Sebuah CV yang terlalu menuliskan sesuatu hal yang tidak penting akan memberikan efek pula terhadap orang yang membaca, dan juga kepercayaan orang yang membaca akan berkurang. Dan kadang sesuatu yang simple itu akan lebih menarik untuk dilihat dan dibaca, daripada sesuatu yang lebih kreatif akan tetapi mengandung tulisan / informasi yang tidak penting.

Sebuah CV/resume yang menarik akan meningkatkan kesempatan Anda untuk bertemu dan menceritakan siapa diri Anda dan apa keahlian Anda kepada HRD tempat Anda melamar pekerjaan. Fokus pada resume Anda dan promosiklan diri Anda dengan baik agar kesempatan mencari pekerjaan impian semakin besar. Jika Anda telah membuat sebuah resume yang menarik, tugas Anda selanjutnya adalah melahap semua pertanyaan dari HRD dan ceritakan siapa diri Anda pada saat interview.

5. Perhatikan Foto Dalam CV
Bagian yang tidak kalah pentingnya didalam suatu CV yaitu Foto. Didalam foto juga akan diperhatikan, karena biasanya seseorang itu banyak sekali yang dapat menilai hanya dengan melihat penampilan nya saja. Untuk membuat sebuah CV, lebih bagusnya kita menggunakan foto yang formal dengan posisi tegap dan baground yang digunakan menggunakan warna yang solid supaya anda dapat bergaya santai dan tak harus kaku.

Yang terpenting yaitu pakaian yang kita gunakan rapi agar terlihat lebih profesional.

6. Baca ulang CV Anda
Sebelum menyerahkan CV Anda, ada baiknya baca ulang dan periksa apakah ada kesalahan dalam penulisan atau tidak untuk memastikan CV Anda sudah tersusun rapi.