Nirmana mempunyai 6 unsur dalam pembentukan sebuah karya seni rupa. Berikut ini adalah 6 unsur dasar nirmana diantaranya yaitu titik, garis, bidang, bentuk, warna, dan tekstur.

1. Titik

Titik merupakan salah satu unsur seni rupa dua dimensi yang paling dasar. Dengan sebuah titik yang kita buat maka akan bisa menjadi sebuah garis ataupun bidang yang nantinya akan menjadi sebuah bentuk, bermula dari sebuah titik dan akan berakhir pada titik juga.

2. Garis

Garis merupakan sekumpulan titik yang saling berdempetan sehingga terbentuklah sebuah hasil goresan yang nyata dan batas suatu benda, ruang, rangkaian masa dan warna dan juga hasil goresan tersebut bisa terbentuk panjang, pendek, vertikal, horizontal, tipis, maupun tebal dan lain sebagainya. sebuah garis tersebut merupakan suatu titik yang memanjang dan saling berdempetan.

3. Bidang

Bidang merupakan sebuah bentuk yang pipih tanpa memiliki ketebalan, lebar dan luas serta memiliki arah, dan mempunyai kedudukan yang dibatasi oleh garis. Bentuk suatu bidangpun bisa bersudut, geometris, tidak beraturan, ataupun bulat.

4. Bentuk

Bentuk merupakan hasil dari sebuah titik, garis, dan bidang yang terlihat. Sekecil apapun sebuah titik, pasti akan memiliki ukuran warna dan juga tekstur. Bentuk titik dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

  • Bentuk dua dimensi yang hanya memiliki lebar dan panjang saja.
  • Bentuk tiga dimensi yang hanya memiliki panjang, lebar, dan juga ketebalan.

5. Warna

Warna merupakan kesan yang ditimbulkan oleh cahaya terhadap mata, oleh karena itu, warna tidak akan terbentuk tanpa adanya cahaya. Semua cahaya dihasilkan dari reaksi cahaya putih yang jatuh pada suatu permukaan dan kemudian memantulkan sebagian dari spektrum. warna-warna tersebut terjadi karena disebabkan oleh cahaya putih.

6. Tekstur

Tekstur merupakan nilai perabaan dari sebuah pemukaan baik yang nyata ataupun tidak nyata. tekstur tersebut bisa kasar, licin, halus, dan lain-lain. tekstur dapat di bedakan menjadi 2 bagian yaitu :

  • Tekstur nyata, merupakan tekstur yang apabila diraba maka tekstur tersebut akan terasa kasar dan halusnya
  • Tekstur tidak nyata, merupakan tekstur yang tidak memiliki kesan yang sama baik secara penglihatan ataupun secara perabaan.