Saat kita akan membuat majalah harusnya kalian menyiapkan bahan nya terlebih dahulu agar mempermudah dalam mengerjakan nya nanti. Kalian harus mengatur file dalam format gambar dan juga tulisan yang akan kalian tampilkan, cukup simpan semua teks dalam satu format agar mempermudah proses nantinya dan jangan lupa gambar dan foto yang akan kalian tampilkan sebaiknya di atur terlebih dahulu.

  1. Folder Materi

Tentunya agar mempermudah proses pembuatan majalah kalian dan hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat folder khusus yang berisi materi yang akan dimasukkan kedalam majalah agar mempermudah kita dalam penempatan, penataan dan pencarian gambar dan tulisan.

2. Materi Teks

Siapkan juga materi tulisan dengan format Microsoft word, setelah teks telah siap kalian harus menentukan lokasi dan memberi nama yang mudah untuk kalian cari nantinya lalu pilih Rich Text Format pada Save as type.3. Materi Gambar

Gambar tentunya menggunakan teori warna seperti CMYK dan RGB, seperti yang sudah kita ketahui CMYK singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow, dan Black dan empat warna inilah yang akan sering digunakan dalam format pencetakan. CMYK juga merupakan metode warna berdasarkan zat warna dan beragam warna lain juga bisa dihasilkan dari penggunaan empat warna ini dan CMYK tidak mampu menghasilkan warna sebanyak RGB. RGB merupakan metode warna yang berdasar cahaya dengan mengkombinasi ketiga warna ini kalian akan mendapatkan banyak warna lain untuk itu jika kamu mengolah gambar dalam metode RGB ubahlah terlebih dahulu menjadi metode CMYK sebelum dicetak.

Berikut hal-hal yang perlu kalian siapkan sebelum proses membuat majalah, semoga bermanfaat 😀