• Harmonisasi Warna

Dalam Harmonisasi Warna kita bisa mengetahui cara mempadupadankan warna ke warna sehingga menjadi kombinasi warna yang bagus. Dalam kombinasi warna kita bisa membuat karya seni WPAP. Dalam seni WPAP kita mengikuti aturan harmonisasi warna tetradik. Dalam membuat WPAP kita mudah membuat dengan mengikut harmonisasi warna.

 

Di Harmonisasi warna ada 6 Skema warna:

  1. Komplementer

Skema warna komplementer adalah warna yang berlawanan satu sama lain pada roda warna. Warna komplementer ini meemiliki kontras warna yang kuat. Sangat cocok di gunakan untuk latar belakang

  1. Analog

Skema warna Analog menggunakan warna-warna yang sejalan pada roda warna. Skema warna analog sering di temukan pada parnorama alam, warna ini akan terlihat harmonis dan indah untuk dilihat.

  1. Monokromatik

Skema warna monokromatik menggunakan variasi ringan dan satu rasi dari satu warna.

  1. Split Komplementer

Skema warna split komplementer adalah variasi warna pada roda warna dengan dua skema warna di samping kanan dan kiri warna komplementernya.

  1. Tetradik

Skema warna yang seperti ini menawarkan banyak kemungkinan variasi. Skema warna tetradik bekerja jika anda membiarkan satu warna yang dominan.

  1. Triadik

Skema warna triadic menggunakan tga warna dari tiga longkapan warna dari warna yang di gunakan.

 

  • Sifat dan Karakteristik Font

Dalam pendesainan sebuah wadah kita sangat membutuhkan kehadiran tulisan sebagai penyampaian informasi kepada orang yang membaca. Dalam gaya  tulisan kita harus mengenali sifat dan karakter dari font yang akan kita gunakan. Berikut di bawah ini 5 karakter font yang akan saya sampaikan :

  1. Sans Serif

Karakter sans serif adalah Sederhana, Bijaksana, Mudah di baca, Netral. Sans serif sangat cocok di pakai dalam event ajang bergengsi seperti Seminar, Workshop, Sharing Motivasi dll itu semua sesuai kebutuhan asalkan temen-temen bisa menyesuaikan karakter dari font sans serif

  1. Serif

Karakter serif adalah Stabil, Terhormat, Abadi, Tradisional. Serif sangat cocok di pakai dalam event Formal seperti Perdebatan, Permusyawarahan, dll semua sesuai kebutuhan temen-temen asalkan bisa menyesuaikan karakter dari serif

  1. Slab Serif

Karakter serif adalah Agung, Jelas, Berdampak, Menarik.

  1. Script

Karakter script adalah Feminine, Pribadi, Mewah, Aggun. Script sangat cocok di pakai dalam event Reuni, dll.

 

  • Prinsip Tata Letak Layout

Dalam Prinsip Tata Letak Layout kita bisa menyesuaikan tata letak unsur item yang ada di dalam pendesainan. Apa saja sih yang harus di perhatikan dalam mendesain layout?

  1. Kesederhanaan

Kesederhanaan informasi harus di sampaikan sesederhana mungkin. Tetapi teteap memperhatikan segmen kepada siapa itu di informasikan.

  1. Penekanan

Penekanan adalah suatu urutan yang sesuai yang di inginkan, tetapi dalam satu unsur akan di tonjolkan supaya informasi tersampaikan dan menjadi pusat perhatian.

  1. Kesatuan

Kesatuan adalah keserasian bentuk dan warna dalam layout.

  1. Urutan

Urutan adalah pembagian letak posisi merata dalam bidang layout.

  1. Proporsi

Proporsi adalah kesesuaian antara ukuran halaman degan isi.

  1. Keseimbangan

Keseimbangan adalah pembagian berat yang merata pada layout.

7. Ritme

Ritme media cetak bersifat statis, namun masih memiliki nilai tambah supaya orang yang melihatnya tidak bosan.